Demo BBM: 29 Maret, Ribuan Demonstran Ancam Duduki Tol dan Gedung DPR

by
March 28th, 2012 at 10:21 am

“Simpan tenaga kawan-kawan untuk aksi sesungguhnya tanggal 29 nanti,” teriak salah satu orator dari Front Oposisi Rakyat Indonesia sebelum meninggalkan lokasi demonstrasi di depan gedung DPR Selasa (27/3) kemarin.

Menurut kabar yang beredar, pada 29 Maret besok massa yang menyerbu titik-titik vital di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya bakal berjumlah lebih besar dan lebih nekat dalam melakukan aksi unjuk rasa.

Seperti dikutip dari Kompas (26/3), para buruh dari Tangerang akan menerobos jalan tol menuju Jakarta dengan menggunakan sepeda motor. Mereka juga bakal menduduki objek vital seperti bandara.

Koordinator Serikat Pekerja Seluruh Indonesia yang juga berorasi di depan gedung DPR mengatakan mereka pasti akan datang kembali guna menentang rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Tanggal 29 Maret dipilih oleh para demonstran karena pada hari itu akan dilangsungkan rapat paripurna DPR yang akan membahas rencana penaikan harga BBM. Dalam rapat tersebut akan dihasilkan keputusan final apakah pemerintah akhirnya akan menaikkan harga BBM atau tidak.

Pada Selasa kemarin wilayah ibukota Jakarta dan sejumlah kota lain diwarnai aksi demo menentang rencana penaikan harga BBM per 1 April. Di beberapa tempat aksi demo berlangsung tertib, namun di sejumlah titik terjadi kericuhan antara pendemo dan aparat kepolisian.

Pihak aparat menuding demonstran sengaja berbuat rusuh, namun beberapa pihak menyayangkan tindakan represif yang dilakukan oleh para polisi yang juga menyasar beberapa wartawan ketika mereka sedang meliput jalannya aksi. Bahkan, muncul dugaan polisi yang brutal sedang dalam pengaruh narkoba ketika mengamankan aksi demonstrasi.

Comment di sini