Di Amerika, Kotoran Gajah Digunakan Sebagai Pengganti BBM

by
March 28th, 2012 at 3:51 pm

Di tengah permasalahan pro-kontra rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, muncul satu hal menarik yang masih terkait dengan isu bahan bakar untuk kendaraan bermotor, yaitu bahan bakar hasil olahan kotoran gajah.

Bahan bakar minyak terkenal buruk bagi lingkungan karena besarnya kandungan polusi yang dibawa. Dengan penggunaan kotoran binatang sebagai pengganti bahan bakar minyak, Greenpeace dan LSM lingkungan lain bisa lebih tenang dalam menghadapi isu pemanasan global.

Adalah Kebun Binatang Denver yang terletak di Amerika Serikat yang menjadi inisiator bahan bakar unik ini. Para pekerjanya berhasil mengolah kotoran gajah menjadi bahan bakar untuk becak motor Thailand.

Kamu mungkin merasa jijik mendengar kata “kotoran hewan”, apalagi kotoran yang digunakan adalah kotoran dari binatang yang berukuran besar. Namun, kotoran gajah tidak begitu saja dimasukkan ke dalam tangki bensin untuk kemudian dijadikan bahan bakar.

Kotoran gajah ini diolah terlebih dulu sehingga berubah menjadi gas. Gas inilah yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Jadi, pengendara becak motor tersebut tak bakal mengeluh karena bau menyengat kotoran gajah yang menjadi daya penggeraknya.

Kebun binatang tersebut berencana untuk mengembangkan ide ini untuk keperluan industri. Mereka berharap bisa menggunakan kotoran hewan-hewan di sana untuk menyuplai 20 persen energy di kebun binatang tersebut.

Comment di sini