Inilah Usia Ideal Wanita Untuk Menikah

by
March 28th, 2012 at 2:12 pm
Banyak yang bertanya berapa umur ideal wanita untuk menikah. Karena pasalnya banyak wanita yang menikah di usia muda cenderung tidak bahagia. Usia muda cenderung belum siap untuk membagi hidup dengan orang lain. Benarkah?

Menurut para ahli pernikahan, usia yang baik bagi para wanita untuk menikah adalah ketika sudah melewati angka 25 tahun. Secara psikologis, wanita yang berusia di atas 25 tahun sudah terbilang lebih stabil dalam menyikapi banyak hal, dan ini berpengaruh dalam perkawinan.

Sedangkan wanita yang masih berumur 20-an ke bawah cenderung belum siap. Karena kebanyakan diantara mereka lebih memikirkan bagaimana mendapatkan pendidikan yang baik dan bersenang-senang. Itulah sebabnya banyak wanita yang merasa tidak bahagia karena menikah muda.

Menurut salah satu ahli, tingkat pendidikan wanita juga bisa berpengaruh dalam kehidupan perkawinan. Semakin tinggi tingkat pendidikan si wanita maka semakin tinggi pula kriteria pria idamannya. Akibatnya tidak jarang mereka yang berpendidikan tinggi susah untuk menikah.

“Seorang wanita yang terdidik cenderung lebih percaya diri dan mandiri, sehingga kurang bersedia menerima seorang pria yang tidak memenuhi standar mereka,” jelas Terri Orbuch, PhD, penulis Five Simple Steps to Take Your Marriage From Good to Graet.

Kesimpulannya, menurut para ahli pernikahan usia yang paling ideal untuk menikah bagi seorang wanita adalah di atas 25 tahun. Karena di usia ini, seorang wanita umumnya sudah mengerti akan kewajiban dan tanggung jawab. Mereka lebih cenderung bisa menerima orang lain dengan kekurangan dan kelebihannya.

Tapi jika kita melihat kenyataan dimana banyak wanita yang menikah dibawah usia 24 tahun dan bisa berumah tangga dengan baik. Kita bisa menyimpulkan bahwa usia bukanlah hal yang bisa dijadikan patokan seorang wanita siap menikah atau belum. Yang terpenting dari umur adalah dengan mengukur seberapa dewasa sikap si wanita itu.

Jika si wanita memang sudah punya sikap dewasa, itu artinya dia sudah siap menikah walaupun usianya masih 20 tahun. Namun, ada baiknya seorang wanita menikah di usia 25 tahun. Karena selain sudah bisa dewasa, di usia ini wanita lebih subur dan bisa lebih cemat mendapatkan keturunan. ;)