Solo Juga Masuk Nominasi New 7 Wonders Cities

by

Kota Solo akhirnya berhasil masuk dalam nominasi New 7 Wonders Cities berdasarkan penilaian lembaga New7Wonders. Itu artinya Solo menjadi kota kedua di Indonesia yang berhasil masuk dalam nominasi tersebut. Karena sebelumnya, Jakarta sudah dipastikan jadi nominasi New 7 Wonders Cities.

New7Wonders lembaga yang telah meloloskan pulau Komodo menjadi 7 keajaiban dunia versi alam terbaru akan meluncurkan New 7 Woders Cities. Dalam laman resminya di www.n7w.com, penilaian awal dilakukan pada 7 Januari hingga 7 Maret 2012 dengan kota nominasi sebanyak lebih dari 1.200 kota yang berasal dari 220 negara.

Pada seleksi pertama, New7Wonders hanya akan meloloskan 300 kota yang merupakan kota terbaik dari masin-masing 220 negara dan sisanya adalah kota paling favorit. Pada fase inilah, Surakarta (Solo) beserta Jakarta berhasil masuk dalam nominasi untuk mewakili Indonesia di New 7 Wonders Cities.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Surakarta Widdi Srihanto mengaku baru tahu jika Surakarta masuk nominasi di New 7 Wonders Cities. “Belum pernah ada yang menghubungi saya, termasuk dari pihak panitia penyelenggara,” katanya kepada Tempo, Kamis (22/3/2012).

Meskipun demikian, dia menilai masuknya Surakarta menjadi modal berharga dalam mengembangkan Surakarta menjadi salah satu kota tujuan wisata utama di Indonesia. Surakarta dikatakannya bertumpu pada kekayaan seni budaya, ekonomi kreatif, dan beragam produk wisata seperti wisata kuliner dan wisata belanja.

“Masuknya Surakarta menjadi cambuk bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pariwisata, baik dari segi obyek wisata, acara-acara wisata, hingga akomodasi dan transportasi untuk mendukung pariwisata,” ujarnya.

Menurut Widdi, ikon wisata di Surakarta seperti Solo Batik Carnival, Solo International Performing Art, festival wayang, festival keroncong, dan Solo International Ethnic Music akan mampu menarik wisatawan asing. Beragam acara itu telah melahirkan pengakuan dunia internasional terbukti dengan masuknya Surakarta dalam nominasi New 7 Wonders Cities.

Penilaian nominasi New 7 Wonders Cities akan berlangsung selama beberapa tahap. Setiap tahapnya akan ada kota yang tereliminasi dan sampai menyisakan hanya 7 kota saja. Apakah kota Surakarta dan Jakarta bisa menjadi juara? Kita lihat saja nanti.

Bagi kamu yang ingin mendukung kedua kota tersebut, caranya gampang. Kamu tinggal kunjung website New7Wonders dan berilah suara untuk kedua kota tersebut. Tidak perlu bayar, karena hanya butuh alamat email dan nama saja sudah cukup. ;)


comments powered by Disqus

Leave a Reply