Wabah Tikus Raksasa Gambia Kembali Serang Amerika

by
March 28th, 2012 at 4:19 pm

Ketika pemerintah Indonesia tengah sibuk mengatasi wabah Tomcat, Departemen Pertanian dan Komisi Perlindungan Kehidupan Hewan Liar Florida, Amerika Serikat, tengah berusaha keras membasmi wabah tikus raksasa yang kembali muncul setelah sempat menghilang beberapa tahun silam.

Tikus raksasa yang dinamai tikus gambia ini beratnya mencapai 3 kilogram. Pada tahun 2000-an, tikus ini pernah mewabah di Florida. Tikus-tikus ini sebelumnya diimpor dari Afrika sebagai hewan peliharaan, namun setelah merebak wabah Cacar Monyet pada 2003, impor tikus ini tak lagi diperbolehkan.

Hewan peliharaan yang lepas berkembang biak dengan amat cepat. Menurut Animal Planet, tikus gambia betina bisa melahirkan kira-kira 30 anak per tahun.

Pada 2009, pemerintah mengadakan pembasmian besar-besaran untuk menghilangkan tikus yang sering merusak pekarangan warga ini. Scott Hardin, salah satu koordinator tim pembasmi tak menyangka tikus ini bakal kembali berkembang biak di wilayah itu.

Pada awal 2011 ia mendapat surat elektronik berisi laporan bahwa ada tikus gambia yang muncul. Ia lalu menindaklanjuti penemuan itu dan setelah bertanya kepada para warga ia tahu tikus-tikus itu kembali muncul.

Tikus gambia sejatinya adalah tikus liar di Afrika. Gigitan mereka bisa mematikan karena taring yang tajam. Di Afrika Selatan, segerombolan tikus gambia memakan 2 bayi pada tahun 2011. Di negara itu tikus gambia dikembangbiakan sebagai bahan makanan.

Comment di sini