CiriCara: Cara Menghemat BBM Mobil Anda

by
March 29th, 2012 at 10:09 am

Sekarang lagi heboh-hebohnya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) per April mendatang. Banyak aktivis dan warga melakukan aksi demo BBM secara besar-besaran. Tapi lebih baik lagi jika Anda bersiap diri mengantisipasi kenaikkan harga BBM itu dengan mengirit konsumsi BBM pada mobil Anda. Mau tahu caranya?

Kenaikkan harga BBM ini memang cukup meresahkan sebagian besar masyarakat. Namun, jangan khawatir. Ada sejumlah trik atau cara untuk menyiasati kenaikkan harga BBM itu. Diantaranya dengan menghemat konsumsi BBM pada mobil Anda.

Langsung saja berikut cara menghemat bahan bakar minyak (BBM) pada mobil:

1. Injak pedal gas secara perlahan.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa pedal gas pada mobil bisa mempengaruhi jumlah konsumsi BBM. Padahal saat pedal gas diinjak dengan keras, mesin mobil akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar setiap kali mobil berjalan. Sebaiknya, mulai saat ini, cobalah untuk menginjak pedal gas dengan perlahan ketika Anda mulai melaju.

2. Matikan mesin ketika macet.

Banyak orang yang tetap menyalakan kendaraannya meski sedang terjebak macet total. Padahal, saat itu mobil menyala bensin akan tetap keluar dan terkuras percuma. Hal itu merupakan sebuah pemborosan bahan bakar. Jadi, lebih baik matikan kendaraan Anda jika sedang terjebak macet khususnya di jalan menurun atau rata. ;)

3. Jangan terlalu sering menginjak rem.

Bahan bakar mobil juga menjadi lebih boros ketika Anda terlalu sering menginjak rem. Agar tidak terlalu sering menginjak rem, paculah mobil Anda dengan kecepatan yang sedang saja.

4. Cek angin pada ban.

Tekanan angin pada ban yang cukup akan mengurangi gesekan dengan jalan dan mampu menghemat pengeluaran BBM mobil Anda sekitar 3 persen. Selain itu, perhatikan juga ketebalan ban mobil Anda. Jika sudah aus atau botak lebih baik ganti dengan yang baru. Selain hemat BBM cara ini juga membantu keamanan dalam berkendara.

5. Kontrol kecepatan.

Siapa bilang semakin cepat semakin hemat BBM? Kenyataannya saat mobil melaju cepat, bahan bakar akan lebih boros 50% karena aerodinasmisnya. Jadi jagalah kecepatan mobil Anda pada kecepatan sedang. Selain mengurangi resiko kecelakaan, Anda juga bisa meghemat 25 % bahan bakar dengan kecepatan dibawa 100 km/jam.

6. Tutup jendela.

Membuka jendela hanya akan membuat beban yang dibawa mobil bertambah. Jika seperti itu, mobil akan memerlukan tenaga lebih sehingga bahan bakar jadi boros agar tetap bisa melaju. Jadi tutup jendela mobil Anda agar beban mobil tidak bertambah karena angin yang masuk.

7. Turunkan barang yang tidak perlu.

Berat beban yang ditanggung mesin akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar pada mobil. Jadi, lebih baik turunkan barang yang tidak perlu agar beban mobil tidak berlebih.

8. Periksa keselarasan roda.

Bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat untuk memastikan seluruh roda telah diselaraskan dengan benar. Penelitian menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan bahan bakar menjadi berkurang hingga 10% karena keempat roda yang tak selaras. Selain itu, ban juga menjadi lebih cepat aus.

9. Servis mesin.

Semakin baik performa mesin, maka BBM yang dikonsumsi akan semakin sedikit. Jadi, jangan lupa untuk tetap menjaga performa mesin mobil Anda. Lakukan servis mesin secara berkala.

10. Beralih ke bahan bakar alternatif.

Inilah cara paling ampuh untuk menghemat bahan bakar. Kita menjadi jauh lebih hemat jika menggunakan BBM alternatif seperti biodiesel ataupun etanol.

Mudah bukan cara menghemat BBM pada mobil? Selamat mencoba dan semoga berhasil. :)

Comment di sini