Demo BBM 29 Maret 2012: FUI Anggap Kenaikan BBM Adalah Maksiat

by
March 29th, 2012 at 12:02 pm

Aksi demo tolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kian menyebar keseluruh lapisan masyarakat. Rencananya, massa Forum Umat Islam (FUI) juga akan turun kejalan untuk berdemo tolak kenaikan BBM. Mereka menganggap kenaikan harga BBM adalah perbuatan maksiat.

FUI meminta semua wartawan di Indonesia untuk meliput aksi demo tolak kenaikan BBM yang akan mereka lalukan. Mereka akan menggelar aksi demo dengan mengusung tema ‘Indonesia Tanpa Maksiat’.

“FUI mengundang wartawan media cetak, televisi, radio dan online untuk meliput aksi sejuta umat ‘Indonesia Tanpa Maksiat’. Korupsi dan kenaikan harga BBM adalah kemaksiatan,” jelas Koordinator Lapangan Awit Masyhuri dalam siaran pers yang dikutip dari detik.com, Kamis (29/3/2012).

Rencananya FUI akan menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat (30/3/2012) besok siang. Rute unjuk rasa akan dimulai dari Bundaran Hotel Indnesia (HI), kemudian long march ke Istana Negara. Mereka akan mengerahkan ribuan massa dalam aksi unjuk rasa itu.

“Jumlah massa 1.000 orang dari berbagai ormas Islam di Jakarta dan sekitarnya,” jelas Awit.

Sebelumnya, Jumat besok juga dikabarkan akan ada demo tolak kenaikan BBM besar-besaran yang dilakukan secara serempak di Jakarta. Ribuan orang akan turun ke jalan, bertepatan dengan sidang paripurna DPR terkait usulan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi.

Hingga saat ini pemerintahan Presiden SBY masih bersikeras untuk menaikan harga BBM untuk menghemat anggaran APBN. Harga BBM bersubsidi akan mengalami kenaikan sebesar Rp 1.500 yang semula Rp 4.500 per liter akan menjadi Rp 6.000 per liter.

Harga ini dianggap sangat memberatkan masyarakat meski pemerintah telah menyediakan alternatif. Diantaranya, dana bantuan langsung sementara (BLS) untuk rakyat miskin dan sejumlah kompensasi lainnya.

Diperkirakan puncak demo besar-besaran penolakan kenaikan harga BBM akan terjadi pada Jumat (30/3/2012) besok. Apalagi sementara ini pemerintah sepakat akan menaikan harga BBM per 1 April 2012 mendatang.

Comment di sini