Demo BBM Hari Ini: Diperkirakan 5.500 Pendemo Akan Serang Istana dan Gedung DPR

by
March 29th, 2012 at 10:36 am

Rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) semakin meresahkan masyarakat. Bahkan rencananya demo penolakkan besar-besaran akan dilakukan sejumlah aktivis pada  Kamis (29/3/2012) siang ini. Polda Metro Jaya memperkirakan pada hari ini sekitar 5.500 pendemo akan serang Istana Merdeka dan Gedung DPR.

Jumlah pendemo dikhawatirkan masih akan bertambah melebihi jumlah tersebut. “Diperkirakan pendemo di Istana 2.500 orang dan di DPR 3.000 orang. Diharapkan tidak bertambah lagi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, seperti yang dikutip dari detik.com, Kamis (29/3/2012).

Untuk mengamankan jalannya demo BBM besar-besaran itu, Rikwanto menjelaskan pihaknya telah menurunkan 22.000 personel gabungan. Dalam personel gabungan tersebut terdapat 8.000 personel TNI yang sudah siap siaga di daerah Istana Merdeka dan Gedung DPR. “Seperti kemarin sekitar 22 ribu personel,” imbuh Rikwanto.

Massa pendemo kali ini didominasi oleh buruh dan dari Hitzbut Tahrir Indonesia (HTI). Namun tidak menutup kemungkinan pendemo lain juga bisa ikut bergabung dalam aksi demo besar-besaran kali ini.

Rikwanto berharap demo besar-besar kali ini bisa berlangsung damai dan tertib tanpa adanya bentrok serta tindakan anarkis baik dari para demonstran ataupun anggota polisi. Sementara itu, dia juga mengatakan penjagaan demo disiagakan hingga 5 April 2012 mendatang. Khususnya di titik-titik rawan demo BBM seperti Istana Merdeka dan Gedung DPR.

Untuk mencegah kemacetan karena aksi demo, pihak Polda Metro Jaya sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif. Bagi para pengguna jalan yang ingin terhindar macet bisa menggunakan jalur tersebut.

Comment di sini