Demo BBM Hari Ini: Mahasiswa Mundur Setelah Tahu Disusupi Provokator

by
March 29th, 2012 at 2:37 pm

Sejumlah provokator ditengarai melakukan aksinya menghasut demonstran di Alun-alun Purwokerto yang sedang berjuang untuk membatalkan rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Banyumas Bersatu (Alatbambu) yang tengah berdemonstrasi Kamis (29/3) di Alun-alun Purwokerto mundur setelah melihat ada yang tidak beres di dalam kerumunan massa.

Massa yang berjumlah sekitar 200 orang sebelumnya berdiri di depan pendapa kabupaten untuk meminta Bupati dan Wakil Bupati Banyumas keluar dan menandatangani surat pernyataan yang berisi penolakan terhadap rencana kenaikan harga BBM.

Seperti dikutip dari Kompas (29/3), sejumlah orang berbadan tegap ada di antara kerumunan mahasiswa. Selain itu, orang-orangan sawah yang terbuat dari jerami tiba-tiba dibakar tanpa ada perintah. Hal ini membuat suasana demo BBM hari ini menjadi panas.

Koordinator aksi mahasiswa yang sadar akan hal ini segera mengambil tindakan. Ia memperingatkan kawan-kawannya untuk tidak terpancing provokasi.

Ketika koordinator tersebut sedang memberi peringatan agar berhati-hati, dari belakang kerumunan terdengan suara yang terus-menerus diteriakkan, menuntut Bupati Banyumas Mardjoko untuk keluar.

Bupati Mardjoko sendiri tak mau menandatangani surat pernyataan. Wakilnya, Achmad Husein, pun hanya mau menandatanganinya sebagai pribadi. Mengetahui hal tersebut, mahasiswa kecewa karena institusi pemerintahan di sana setuju dengan rencana kenaikan harga BBM yang mereka pandang akan semakin menyengsarakan rakyat.

Comment di sini