Demo BBM Hari Ini: Harga BBM Jadi Naik, Buruh Bekasi Ancam Blokir Tol Cikampek

by
March 30th, 2012 at 11:30 am

Para pejabat di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pukul 10.00 WIB hari ini akan melakukan rapat paripurna masalah kenaikan harga BBM. Jika ternyata hasilnya adalah harga BBM naik, ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Bersama Buruh (Sekber) Bekasi ancam akan blokir tol Cikampek.

Namun, saat ini rencan blokir tol Cikampek masih sekedar ancaman saja. Mereka saat ini masih menunggu hasil rapat paripurna DPR. Ribuan buruh itu akan berkumpul dan melakukan aksi tolak kenaikan harga BBM di depan Gedung DPR Senayan, Jakarta.

“Itu plan B kami, tergantung perkembangan nanti di Jakarta. Kalau ternyata harga BBM bersubsidi jadi naik, kamu akan melakukan konsolidasi dengan para buruh yang masih bekerja ataupun bertahan di Bekasi, untuk segera melakukan aksi blokir tol,” ungkap Widodo Koordinator KASBI Jawa Barat wilayah Bekasih dan Bogor, Jumat pagi.

Sebelum berangkat, para buruh akan berkumpul di sejumlah titik, di antaranya di Kawasan Industri Jababeka Cibitung, Kawasan Industri Hyundai, dan Pabrik Suzuki Indomobil di Tambun, Bekasi. “Kami sedang kumpulkan kekuatan sebelum berangkat. Kendaraan dari arah Tambun, Cikarang dan Cibitung masih menuju titik kumpul,” ujar Widodo, Jumat (30/3/2012) pagi.

Ribuan buruh dari Bekasi ini terdiri dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Federasi Persatuan Buruh Perjuangan (FPBP), Gabungan Solidaritas Buruh Perjuangan (GSPB), dan Gabungan Serikat Buruh (GSB). Nantinya mereka akan bergabung dengan puluhan ribu buruh lainnya dari Jabodetabek yang berdemo di Jakarta untuk menolak kenaikan harga BBM.

Sebelumnya, pihak Polda Metro Jaya memprediksikan sekitar 12.000 pengunjuk rasa akan menyerbu Jakarta. Titik demo terbesar diprediksikan akan terjadi di Istana Negara dan depan Gedung DPR/MPR RI.

Bagi Anda yang akan melintasi kedua titik tersebut diharap untuk menggunakan jalur alternatif. Karena dikhawatirkan aksi demo BBM besar-besaran ini akan membuat jalan sekitar lokasi macet total.

Comment di sini