CiriCara: Cara Hindari Stres Saat Kerja Lembur

by
April 2nd, 2012 at 11:42 am

Kerja lembur adalah salah satu cara yang digunakan para pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Sering kali kerja lembur ini memberikan tekanan tersendiri buat para pekerja. Tidak jarang, kerja lembur juga bisa membuat pikiran jadi stres. Butuh cara khusus agar hal itu tidak terjadi.

Meski tidak suka, kerja lembur harus tetap dijalankan agar semua pekerjaan bisa terselesaikan tepat waktu. Apalagi jika saat itu Anda sedang dikejar deadline beberapa hari saja. Nah, agar Anda tidak stres karena kerja lembur, mungkin cara berikut bisa membantu Anda:

1. Nyalakan musik.

Mendengarkan musik favorit ketika bekerja dapat meningkatkan kadar dopamin di otak. Hal itu terbukti dari hasil beberapa penelitian salah satunya penelitian dari Universitas Nasional Singapura. Dimana dalam hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa memainkan lagu favorit bisa membantu mengurangi gejala depresi.

2. Sediakan makanan penambah mood.

Agar kerja lembur Anda tidak terasa membosankan, Anda bisa menyediakan camilan atau makanan yang bermanfaat. Misalnya, cokelat, buah-buahan atau juga bisa menyediakan kopi agar tidak ngantuk. Seperti yang diketahui, kopi juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan depresi atau stres.

3. Banyak olahraga.

Cobalah untuk berolahraga di pagi hari sebelum bekerja. Sebuah studi dari Universitas of Texas mengungkapkan bahwa 28 persen orang yang berolahraga sebanyak tiga sampai empat kali seminggu bisa menghilangkan gejala depresi yang alami. Jadi berolahraga di pagi hari sebelum kerja lembur adalah cara mencegah dari stres.

4. Santai.

Meski Anda sedang dikejar waktu, usahakanlah untuk tetap santai agar otak bisa bekerja maksimal. Jangan lupa untuk beristirahat selama beberapa menit jika tubuh mulai terasa pegal. Ini adalah sinyal bahwa tubuh Anda tidak santai dan butuh istirahat. Jadi bekerjalah dengan santai jangan terburu-buru.

5. Minta bantuan.

Jangan ragu untuk bertanya dan minta bantuan kepada rekan kerja lain. Meski sedang lembur, bukan berarti pekerjaan itu harus diselesaikan sendirian. Jika Anda tidak sanggup lebih baik minta bantuan agar Anda tidak stres dan tertekan sendirian.

Itulah beberapa cara mencegah stres saat kerja lembur. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika memang harus kerja lembur setiap hari. :)

Comment di sini