Ternyata! Pencetus Istilah “Kamseupay” Bukan Marissa Haque

by
April 2nd, 2012 at 1:08 pm



Belakangan ini dunia maya khususnya Twitter sedang heboh membicarakan istilah “kamseupay.” Banyak orang yang ingin tahu sejarah, arti dan siapa yang mencetuskan istilah menarik ini. Karena itulah muncul nama, artis ibukota, Marissa Haque sebagai pencetusnya. Tapi apakah hal itu benar?

Artis Marissa Haque telah berhasil membuat istilah “kamseupay” ini menjadi populer lewat tulisan di blog pribadinya. Tapi usut punya usut, sebelum kamseupay digunakan oleh Marissa Haque dan iklan operator seluler, istilah yang mempunyai arti kampungan ini sudah lebih dulu digunakan pada tahun 1970-an.

Dengan kata lain, pencetus kata kamseupay ini bukan Marissa Haque karena dia menuliskan kata kamseupay di blog-nya pada tahun 2000-an. Padahal pada tahun 1970-an, kata kamseupay juga sudah banyak digunakan.

Tapi, Marissa Haque inilah yang membuat kata kamseupay kembali populer setelah bertahun-tahun tenggelam. Selain Marissa, salah satu iklan operator seluler dan sebuah sinetron yang ditayangkan di SCTV juga menjadi salah satu pihak yang telah mempopulerkan istilah “kamseupay.”

Namun, siapa pencipta dan pencetus asli kamseupay masih menjadi misteri. Apalagi, kamseupay diciptakan pada tahun 1970-an yang sudah sangat jauh jaraknya dengan tahun 2012.

Terlepas dari semua itu, kamseupay sendiri adalah sebuah istilah atau kata makian. Kata kamseupay ini sering digunakan untuk percakapan yang menjurus ke hal negatif (memaki). Kamseupay ini disebut-sebut mempunyai arti kampungan, norak, dan ndeso versi Tukul Arwana.

Pendek kata, masyarakat Indonesia sangat mudah menerima dan mempopulerkan kata yang bermakna negatif. Walaupun pada awalnya mereka tidak mengetahui makna yang sebenarnya. Lihat saja kata kamseupay yang dimaksudkan untuk mengejek orang dengan gaya kampungan yang sangat mudah populer padahal bermakna negatif.

Bagaimana menurut kamu, setujukah dengan penggunaan kata kamseupay di kehidupan sehari-hari?

Comment di sini