Berikut 5 Bahan Makanan Yang Tidak Cocok Disimpan di Kulkas

by
April 3rd, 2012 at 1:14 pm

Kebanyakan orang mengira kulkas bisa digunakan untuk menjaga kesegaran semua bahan makanan. Suhu dingin dari kulkas dipercaya bisa membuat sayuran atau buah-buahan tetap segar dalam beberapa hari. Benarkah?

Ternyata, ada juga lho bahan makanan yang tidak cocok dengan kulkas. Bahkan, ada beberapa diantaranya yang akan cepat layu jika disimpan dalam kulkas atau lemari es. Mau tahu bahan makanan seperti apa saja?

Berikut 5 bahan makanan yang tidak cocok dengan kulkas dan tidak boleh disimpan di kulkas. Chek itu out.!

1. Tomat

Bentuk tomat memang mirip dengan buah-buahan, namun tomat lebih dekat disebut sebagai sayur. Jika kamu pernah menanam tomat, maka kamu akan tahu bahwa tomat suka panas dan benci dingin. Meskipun sudah dipetik, kulkas bukanlah tempat yang cocok untuk menyimpan tomat. Kulkas akan membuat tomat layu, lebih baik simpanlah di meja dapur (namun tidak terkena sinar matahari langsung).

2. Kemangi

Kemangi juga tidak suka udara dingin. Jadi jika disimpan di tempat dingin akan menyebabkan kemangi layu secara dini. Kemangi bisa segar lama jika disimpan di atas meja dapur dan dirawat seperti bunga segar. Kemangi bisa disimpan dalam sebuah cangkir berisi air (ganti airnya setiap sehari atau dua hari sekali) dan jauhkan dari sinar matahari. Bungkus longgar dengan kantong plastik untuk menjaganya tetap lembap (namun pastikan plastik mempunyai lubang untuk jalan masuk udara segar).

3. Kentang.

Menyimpan kentang di kulkas dapat mengubah zat tepungnya menjadi gula dengan mudah, yang dapat mempengaruhi rasa, tekstur, dan proses kematangannya. Lebih baik simpan kentang di dalam kantong kertas di tempat dingin (seperti dalam lemari makanan) adalah yang terbaik. Kertas lebih memiliki pori-pori untuk bernapas, tidak seperti plastik. Jadi kentang tidak akan membusuk dengan mudah.

4. Bawang.

Bawang tidak cocok disimpan di kulkas. Lebih baik simpan di ruangan yang dingin, kering, gelap, dan memiliki ventilasi yang baik. (cahaya dapat menyebabkan rasa bawang menjadi pahit).

5. Alpukat.

Simpan alpukat yang belum matang dalam lemari, dan simpan alpukat yang telah matang dalam kulkas apabila buah tersebut tak akan dimakan saat itu juga. Mudah bukan? :)

Nah itulah beberapa bahan makanan yang tidak bagus disimpan di kulkas. Sekarang kamu tidak akan salah lagi jika menyimpan bahan makanan itu.

Comment di sini