Diprediksi Hujan Besar Tiga Hari, Jakarta Waspada Banjir

by
April 4th, 2012 at 4:57 pm

Bencana banjir sudah melanda beberapa lokasi di Jakarta. Banjir dikhawatirkan akan semakin parah karena diprediksikan akan terjadi hujan besar susulan di Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta sudah memerintahkan jajarannya untuk membangun posko.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan berintensitas tinggi disertai aingin kencang masih akan melanda Jakarta dalam beberapa hari kedepan. Ini bisa memicu terjadinya banjir besar di beberapa lokasi di Jakarta.

“Potensi curah hujan tinggi dimungkinkan lebih dari tiga hari ke depan. Potensi angin kencang dimungkinkan, melihat situasi dan kondisi parameter cuaca sebelum terjadinya hujan itu sendiri,” kata Kepala Sub Bidang Meteorologi BMKG, Harry Tirto Djatmika.

Sementara itu, Perwakilan Bidang Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan sejumlah lokasi mengalami banjir akibat hujan deras Selasa (3/4/2012) kemarin. Misalnya saja di aliran Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Krukut di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan serta Tangerang ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Sebagian rumah penduduk juga terendam banjir akibat luapan air dari sungai Ciliwung. Luapan air terjadi karena sungai Ciliwung menerima banjir kiriman dari Puncak, Bogor, Jawa Barat yang juga hujan deras pada Selasa kemarin.

“Di Jakarta Timur, banjir terjadi di Kecamatan Pasar Rebo (Kelurahan Kali Sari, Kelurahan Cijantung) dan Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Kampung Melayu). Di Jakarta Selatan terjadi di di Kecamatan Pesanggarahan (Kelurahan Cipedak dan Kelurahan Ulujami), Kecamatan Kebayoran Baru (Kelurahan Petogogan),” papar Sutopo, seperti yang dikutip dari Kompas.

Jika melihat bencana banjir yang diakibatkan hujan deras kemarin, pihak pemerintah DKI Jakarta meminta masyarakatnya untuk waspada. Khususnya untuk mereka yang tinggal di daerah rawan banjir.

Hingga saat ini pemerintah DKI Jakarta baru mengeluarkan siaga II terkait banjir Selasa (3/4/2012) kemarin. Meski sudah berangsur surut, masyarakat diminta untuk bersiaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Comment di sini