BBM “Oplosan” Premix Bisa Atasi Kenaikan Harga BBM?

by
April 5th, 2012 at 9:28 am

Setelah pemerintah batal menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, kini muncul ide pengadaan BBM “oplosan” Premix. Adalah Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo yang punyai ide tersebut. Pasalnya ide tersebut bisa menghemat dana APBN.

“Pertamina bisa saja menyediakan Premix Ron 90, campurann antara Pertamax dengan Premium,” kata Widjajono di Jakarta, Rabu (4/4/2012), kemarin.

Untuk harga, BBM Premix ini berkisar Rp 7.250 per liter dan masih disubsidi separuh dari subsidi Premium. Ia yakin, Pertamina mampu mencampur antara Premium dengan Pertamax agar menjadi Premix.

Menurut Widjajono, adanya Premix Ron 90 akan membuat mobil mewah yang selama ini menenggak Premium karena harga Pertamax dapat berpindah. “Ini kan ada pasarnya, mobil mewah yang nggak mau minum BBM subsidi terlalu banyak dan memakai Pertamax terlalu mahal,” kata Widjajono.

Sementara itu, Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina, Mochamad Harun, menjelaskan bahwa Pertamina bisa saja mencampur antara Premium dan Pertamax untuk menjadi BBM beroktan 90 (Premix Ron 90). Namun, disparitas harganya masih terlalu tinggi.

“Hanya berbeda Rp 200 per liter dari Pertamax,” kata dia di Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Menurutnya ide Premix Ron 90 ini masih kurang efektif. Dia mengusulkan, lebih baik pemerintah memberikan insentif seperti dengan cara menghilangkan pajak bahan bakar minyak. “Bayangkan, kalau Rp 10.000 dikurang Rp 1.500, jadi harganya jadi Rp 8.500. Tetapi, apa mau pemerintah menghilangkan pajak itu,” katanya.

Sementara itu, menanggapi ide Wamen ESDM, anggota Komisi VII DPR Satya Yudha mengatakan bahwa ide ini harus dibicarakan secara resmi dengan DPR karena terdapat komponen subsidi di dalam Premix Ron 90.

“Kalaupun mau diterapkan tidak mungkin dilakukan saat ini, karena ada komponen subsidi dan masuk dalam postur APBN. Apalagi, infrastrukturnya belum ada selain itu dibutuhkan regulasi,” ujarnya.

Satya menambahkan, ide ini baru bisa dibahas pada September 2013 mendatang, saat pemerintah dan DPR membahas rancangaan APBN 2013. Kalau anggaran subsidi sekarang sudah masuk ke pos-posnya masing-masing sesuai rencan awal. Jadi tidak bisa dirubah.

Sekedar info, harga BBM saat ini:
- Premium : Rp 4.500 per liter
- Pertamax : Rp 10.200 per liter
- Pertamax Plus : Rp 10.350 per liter
- Premix : Rp 7.250 per liter (Kalau ada)

Comment di sini