Mengapa Menangis Itu Penting?

by
April 10th, 2012 at 4:57 pm

Saat kita sedang bersedih entah itu karena putus cinta atau yang lainnya, kita seringkali mengeluarkan air mata atau menangis. Meski kita mencoba untuk menahannya, namun tetap saja air mata itu jatuh dan membasahi pipi. Tapi, percayalah bahwa air mata yang keluar itu tidak akan sia-sia. Kenapa?

Banyak yang tidak tahu kalau menangis itu penting. Bukan hanya untuk membuat hati lega dan tenang, menangis juga bermanfaat untuk kesehatan. Itulah sebabnya air mata sering keluar saat kita sedang bersedih, karena dengan air mata ini kita akan merasa lebih baik. Lalu apa saja manfaat dari air mata itu? Berikut jawabannya.

1. Membantu penglihatan

Air mata ternyata bisa membantu penglihatan seseorang. Kenapa? Karena air mata adalah cairan pembersih mata yang alami dan sangat ampuh membersihkan mata. Air mata dapat mencegah mata mengalami kekeringan.

2. Membunuh bakteri

Air mata juga bisa berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood dan menghilangkan stres

Dengan menangis, kamu bisa menurunkan level depresi atau stres. Setelah menangis, depresi atau stres yang kamu rasakan akan hilang. Air mata yang muncul karena menangis dan emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metanolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata. Air mata juga bisa meningkatkan mood.

4. Mengeluarkan racun

Menurut seorang ahli biokimia, William Frey, air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

5. Melegakan perasaan

Hampir semua orang mengaku merasa lega dan lebih tenang setelah menangis. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari menangis. Bagaimana menurut kamu, menangis itu penting bukan? :D

Comment di sini