Pengguna Instagram Mulai Mendapatkan Serangan Spam

by
April 10th, 2012 at 1:50 pm

 

Salah satu penyedia layanan jasa antivirus terkenal, Symantec, mengungkapkan sebuah fakta menarik di dalam salah satu artikel blognya belakangan ini. Aplikasi fotografi yang sedang naik daun belakangan ini, Instagram, ternyata dinilai sebagai salah satu aplikasi yang menjadi sasaran empuk para spammer.

Virus spam ini biasanya berupa pesan/komentar pada foto yang diunggah oleh user. Di dalam komentar itu, akan ada pesan yang menyatakan bahwa si pengirim komentar memiliki hubungan partner dengan suatu organisasi tertentu. Pada contoh yang diberikan oleh Symantec, organisasi yang “terlibat” adalah Best Buy.

Cara yang mereka gunakan adalah meminta mereka untuk masuk ke sebuah profile palsu untuk mengklaim gift card gratis dari Best Buy tersebut. Nanti di dalamnya akan ada sebuah link yang dicover dengan penyingkat URL TinyURL. Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang kita gunakan pada perangkat tersebut.

Ingat, jangan pernah memasukkan nomor telepon Anda ke dalamnya, karena hal ini pada akhirnya akan dijelaskan bahwa nomor Anda akan menjadi terdaftar secara otomatis, untuk nantinya dimasukkan ke dalam database spammer tersebut, untuk kemudian dikirimkan pesan-pesan spam berikutnya dalam jumlah yang lebih banyak.

Hanya sebagai peringatan saja, jika Anda sudah terlanjur pernah memasukkan nomor Anda, silakan segera cek tagihan kartu telepon Anda, apakah ada charge atas transaksi yang tidak pernah Anda lakukan.

 

Sumber

Comment di sini