Gempa Aceh 2012: BMKG Plin-plan Soal Besaran Gempa

by
April 11th, 2012 at 7:18 pm
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan data yang berbeda-beda mengenai gempa di Aceh, pada Rabu (11/4/2012) pukul 15.38 WIB. BMKG sempat beberapa kali melakukan rilis ulang besaran gempa yang mereka peroleh. Ada apa dengan BMKG?

Sebelumnya, pihak BMKG sudah melakukan beberapa kali rilis. Mulai dari 8,9 SR sampai sekarang dipastikan besaran gempa mencapai 8,5 SR.

“Berdasarkan data yang kami terima adalah 8,5 SR. Kalu muncul 8,3 SR di jam yang sama maka itu update. Jadi gempa 8,9 SR, 8,5 SR dan 8,3 SR itu gempa yang sama. Tapi yang kami rilis gempa 8,5 SR itu berpotensi tsunami,” ucap petugas BMKG, Said, seperti yang dikutip dari detikcom, Rabu (11/4/2012).

Dikatakan dia BMKG pasti merilis besaran gempa pada 5 menit setelah gempa terjadi. “Semakin ke sini (waktunya), kita analisa ulang. Yang harus dilihat adalah kejadian gempa itu waktunya sama atau tidak. Yang kami sampaikan adalah data tercepat yang kami terima,” terang Said.

Apakah BMKG merevisi besar gempa awal menjadi 8,3 SR? “Itu adalah update. Magnitude itu muncul dari sistem kerja alat. Yang kami rilis adalah gempa 8,5 SR,” ucap Said.

Sebenarnya apa yang mengakibatkan sehingga BMKG harus merevisi besaran gempa tersebut? Apakah alat yang digunakan BMKG untuk melacak tsunami benar-benar berfungsi?

Comment di sini