Gempa Aceh 2012: PLN Terpaksa Padamkan Listrik

by
April 11th, 2012 at 4:44 pm
Pasca gempa 8,5 skala richter (SR) di Aceh dan Sumatera Utara, pihak PLN setempat melakukan pemadaman listrik. Ini disebabkan karena adanya pembangkit listrik yang mati secara otomatis karena getaran gempa yang besar.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji menyatakan, pembangkit listrik PLN di Medan mati otomatis akibat getaran gempa yang terlalu kuat. Untuk mencegah terjadinya kesalahan, pihak PLN sudah mematikan seluruh listrik di daerah yang dianggap rawan.

“jadi memang ada wilayah yang harus kami padamkan karena pembangkit kami di medan mati otomatis akibat guncangan gempa. Sebagian konsumen kita padamkan dulu,” jelas Nur seperti yang dikutip dari detikFinance, Rabu (11/4/2012).

Menurut Nur, pemadaman listrik terjadi hampi di seluruh wilayah Sumatera Utara karena guncangan gempa sangat kuat. “Jadi pembangkit mati otomatis karena alat pengaman bekerja. Akan kita periksa dulu utuk dicek apakah sudah bisa dinyalakan kembali,” jelas Nur.

Sekedar info:
Pusat gempa berada di Samudera Hindia 432 km barat Sinabang, 527 km barat daya Banda aceh. Kedalaman pusat gempa 10 km di bawah permukaan laut. Gempa sempat membuat alarm tsunami berbunyi.

Comment di sini