Penyebab Gempa Aceh Menurut Ahli Geologi ITB

by
April 11th, 2012 at 7:17 pm

Irwan Meilano, ahli masalah kegempaan Institut Teknologi Bandung (ITB), mengungkapkan analisa awal penyebab gempa Aceh yang terjadi pada sore ini. Menurutnya, gempa kali ini akibat adanya focal mechanism yang naik dan geser.

Irwan mengungkapkan focal mechanism dalam ilmu geologi disebut sebagai oblique. Ia mengatakan ada gerakan miring sehingga ada bagiang yang bergeser dan juga naik. Namun, menurutnya gerakan yang dominana adalah gerakan geser.

Ahli geoteknologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto, mengatakan hal yang serupa. Ia menjelaskan, focal mechanism pada gempa April 2012 ini adalah sesar geser dan naik, namun didominasi oleh geser.

Oleh karena itu, menurutnya gelombang tsunami tidak akan terjadi sebesar bencana tsunami tahun 2004 yang meluluhlantakan sebagian besar wilayah Aceh. Apabila ada oblique, menurutnya potensi tsunami yang terjadi akan lebih kecil.

Namun, ia mengingatkan kalau potensi tsunami tetaplah ada. Warga tetap diimbau menuju ke lokasi yang lebih tinggi dan tidak panik.

Gempa berkekuatan 8,5 SR melanda Pulau Sumatera dan sejumlah negara yang berada di sepanjang Samudera Hindia Rabu (4/11) sore ini. Pusat gempa berada di 2,31 Lintang Utara (LU) dan 92,67 Bujur Timur (BT), kira-kira 146 barat daya Simeulue, Aceh. berkedalaman 10 km. Tidak ada korban jiwa akibat gempa ini.

Comment di sini