Perdana Menteri Inggris Bersimpati Atas Gempa Aceh

by
April 11th, 2012 at 5:25 pm

Hari ini, Rabu 12 April, gempa dahsyat berkekuatan 8,5 skala richter mengguncang Aceh dan sekitarnya. Peristiwa ini bertepatan dengan pertemuan Perdana Menteri Inggris David Cameron dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Mengetahui peristiwa gempa itu, David Cameron menyampaikan rasa simpatinya kepada warga Aceh yang terkena bencana gempa bumi. Seperti dikutip dari detiknews (4/11), Cameron mengatakan ia sangat bersimpati dengan kejadian gempa bumi yang terjadi di wilayah Aceh. Ia juga mengungkapkan bahwa Inggris akan selalu siap membantu pemerintah RI untuk mengatasi masalah ini.

Meskipun pihak Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa Aceh itu berpotensi tsunami, Presiden SBY mengatakan tidak ada potensi tsunami yang mungkin terjadi. Namun, tim SAR dan BNPB telah dikirimkan ke daerah yang terkena efek gempa.

Bertatap muka dengan Cameron, SBY mengatakan pengelolaan telah berjalan baik termasuk di sekitar wilayah pantai. Ia mengatakan early warning system tsunami berfungsi dengan baik.

Ia juga mengumumkan bahwa sementara ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan yang terjadi tidak begitu parah.

Comment di sini