CiriCara: Cara Menjawab Wawancara Kerja

by
April 12th, 2012 at 2:33 pm

Bagi sebagian orang yang mencari pekerjaan, wawancara kerja adalah salah satu tes yang menakutkan. Meski terlihat mudah, kenyataannya masih banyak pelamar kerja yang gagal di tahap ini. Itulah sebabnya wawancara kerja tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan.

Saat wawancara kerja biasanya para pelamar kerja akan dinilai dari cara mereka menjawab pertanyaan. Dengan begitu para penguji akan bisa menilai karakteristik seseorang secara langsung. Itulah sebabnya, Anda harus bisa menjawab wawancara kerja dengan benar.

Berikut beberapa cara menjawab wawancara yang bisa digunakan pada saat tes wawancara:

1. Yakin

Yakinkanlah diri Anda bahwa wawancara bukanlah sesuatu yang menakutkan melainkan sama saja dengan tes tulis lainnya hanya beda bentuk saja. Dengan begini Anda akan merasa percaya diri dan tidak akan merasa takut menjawab pertanyaan.

2. Tenang saat menjawab pertanyaan

Sebaiknya, pelamar kerja harus bisa bersikap tenang dalam cara menjawab wawancara kerja. Sikap tenang yang Anda tunjukan saat menjawab pertayaan kerja akan membuat Anda terlihat dewasa dan bijaksana. Tentunya ini membuat pihak perusahaan tertarik.

3. Tetaplah fokus dan berkonsentrasilah

Usahakan untuk tetap fokus dalam mendengarkan pertanyaan agar penanya tidak perlu mengulang pertanyaan. Anda juga harus berkonsentrasi saat menjawab pertanyaan agar bisa didengar dengan jelas dan tidak membingungkan.

4. Jika tidak bisa menjawab pertanyaan, tetaplah bersikap wajar dan tidak panik

Kemampuan menjawab seseorang tentu berbeda-beda. Itulah sebabnya tidak menutup kemungkinan kalau Anda tidak bisa menjawab pertanyaan wawancara. Jika hal ini terjadi, maka yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan tidak panik. Cobalah untuk menjawab sebisa Anda dan tidak perlu merasa takut salah.

5. Berdoa

Setelah Anda selesai tes wawancara, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah berdoa. Berdoalah agar tes wawancara Anda itu berhasil. Jika tidak berhasil, jangan menyerah karena masih ada banyak pekerjaan lain yang menanti Anda. ;)

Itulah lima cara menjawab wawancara kerja. Ketenangan dan sikap yang baik saat wawancara kerja adalah faktor yang terpenting. Jadi, jangan pernah melupakan dua hal itu agar Anda bisa sukses menjalani tes wawancara. :)

Comment di sini