Indonesian Idol 2012: Juri Tak Terpengaruh Kritikan

by
April 12th, 2012 at 9:12 am
Ketiga juri Indonesian Idol 2012 telah dilaporkan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) oleh pihak Aliansi Masyarakat Peduli Acara Televisi Indonesia (AMPATI). Para juri tersebut dianggap telah merendahkan peserta kontes.

Menanggapi kabar tersebut, Manager Produksi ‘Indonesian Idol’ Untung Pranoto mengaku belum menerima surat teguran dari KPI. “Sampai sekarang kami belum respon apa-apa karena memang bukan kapasitas saya untuk menjawab. Saya dari program, surat itu pasti ke stasiun,” ujar Untung.

Untung menilai, komentar yang diberikan para juri Indonesian idol masih dalam kategori obyektif. “Saya rasa yang dinilai sama mereka bukan personal, tapi cara bernyanyi. Selama masih obyektif dan ada alasannya, ya nggak masalah,” kata Untung.

Meskipun sudah dilaporkan ke KPI, para juri membantah telah melecehkan para peserta audisi. Pasalnya mereka hanya berniat bercanda bukan serius. Mereka akan tetap memberikan komentar seperti biasa tanpa terpengaruh kritikan.

Lalu komentar seperti apa yang menyebabkan juri Indonesian Idol ini dilaporkan ke KPI? Ketua AMPATI Hartoyo mencontohkan perendahan martabat kontestasn Indonesian Idol pada tayangan tertanggal 25 Maret 2012 di Televisi Swasta RCTI pukul 13.00 WIB siang.

Berikut percakapan ketiga juri, Anang Hermansyah, Agnes Monica dan Ahmad Dhani terhadap salah satu kontestan:

Anang: “Gaya kalian seperti perempuan, bergayalah layaknya laki-laki jangan seperti perempuan,”

Dhani: “Ini yang namanya kiamat sudah dekat. Tampangmu nggak cocok dengan lagu ini,”

Agnes: “Gayanya Laki banget,”

Itulah komentar ketiga juri Indonesian Idol 2012 kepada salah satu kontestan yang tidak lolos. Menurut Hartoyo, komentar dengan menilai dan menjelek-jelekan penampilan fisik seseorang itu sangat tidak etis. Itulah sebabnya pihak AMPATI melaporkan ketiga juri tersebut.

Comment di sini