Wow! Ada ‘Gajah’ di Planet Mars (Foto)

by
April 13th, 2012 at 3:15 pm

Baru-baru ini, sebuah foto unik berbentuk gajah terekam kamera High Resolution Imaging Science Experment (HiRISE) milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA). Foto tersebut diambil dari planet Mars. Apa yang membuat gambar gajah itu terjadi di planet Mars?

Ahli geologi planet dari Universitas Arizona, Alfred McEwen mengatakan penampakan ini merupakan salah satu contoh fenomena pareidolia, yakni saat kita melihat sosok tertentu namun sebenarnya tidak ada. ”Ini adalah contoh bagus dari fenomena pareidolia, di mana kita melihat sesuatu (seperti hewan) yang sebenarnya tidak ada,” kata McEwen.

Ilusi foto itu adalah bagian dari planet Mars yang dinamakan Elysium Planitia, yang merupakan wilayah termuda zona banjir lava. Kebetulan aliran lava tersebut membentuk gambar mirip gajah yang ada di bumi.

“Ini (mekanisme yang terjadi di Bumi) mungkin juga terjadi di Mars. Seekor gajah bisa berjalan menjauh dari aliran lava. Namun, ada juga bukti untuk aliran lava yang lebih cepat di Mars, banjir lava yang sebenarnya. Dalam kasus ini, mungkin seekor gajah tak mampu melarikan diri,” papar McEwen.

Namun, sejumlah ilmuwan masih belum mengetahui bagaimana pola distribusi lava di Mars. Para ilmuwan ini masih ragu, apakah aliran lava di Mars mengendap dengan cepat atau membutuhkan waktu lebih lama, seperti halnya di bumi, di mana lava membutuhkan waktu tahunan, bahkan sampai puluhan tahun untuk mengendap.

Mars Reconnaissance Orbiter merupakan wahana milik NASA yang mengorbit di Mars sejak tahun 2006. Misi ini diluncurkan pada 2005 dan sudah mengirimkan banyak data planet Mars ke Bumi.

Jadi, pola gambar atau relif ini terbentuk akibat adanya aliran lava. Aliran lava ini menggumpal dan membentuk gambar mirip gajah. :)

Comment di sini