CiriCara: Cara Lulus Ujian Nasional 2012

by
April 16th, 2012 at 9:44 am

Seperti yang sudah diketahui bahwa sekolah tingkat SMA, SMK dan sederajat sudah mulai melaksanakan ujian nasional 2012 hari Senin (16/4/2012) pagi ini. Mata pelajaran yang akan diujikan pertama kali adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Cara apa yang bisa bikin lulus ujian nasional 2012?

Untuk lulus ujian nasional kamu tidak perlu mengandalkan kunci jawaban dari pihak yang tidak jelas. Sebaiknya persiapkan diri kamu sebaik mungkin untuk menghadapi ujian nasional. Pengen lulus ujian nasional 2012?
Berikut cara lulus ujian nasional 2012:

1. Belajar Yang Sungguh-sungguh (Bertahap)

Karena materi pelajaran yang akan diujikan adalah materi dari kelias X, XI dan XII maka lebih baik kamu pelajari semua materi dari awal. Caranya pelajari semua materi tersebut secara bertahap. Jika tidak bisa menghafal, minimal kamu membacanya.
Belajar setiap hari selama 30 menit lebih baik daripada belajar satu minggu satu kali selama 5 jam. Jadi usahakan untuk belajar secara rutin dari hari ke hari. Ini akan membuat ingatan kamu lebih terasah daripada belajar dalam satu waktu.

2. Manfaatkan Latihan Ujian Nasional (UN)

Kamu tentu bisa mencoba kemampuan kamu dalam menjawab soal dengan menggunakan latihan UN dari guru atau internet. Usahakan untuk menjawab tanpa melihat buku. Jika kamu sudah bisa menjawab soal latihan itu dengan baik, itu artinya metode belajar kamu sudah benar.

Untuk mengetahui benar atau tidaknya jawaban kamu, kamu bisa memberikan hasil jawaban kamu kepada ibu/bapak guru kamu. Atau juga ke senior kamu yang lebih pintar.

3. Persiapkan Semua Alat UN

Setelah kamu belajar, sekarang saatnya kamu mempersiapkan perlengkapan UN. Pilih pensil 2B, penghapus, penggaris, dan papan pengalas yang berkualitas. Itu semua harus disiapkan sehari sebelum ujian di mulai. Bawalah alat tulis atau pensil lebih dari satu agar jika patah, kamu tidak perlu bingung dan buang waktu untuk memperbaikinya.

4. Persiapkan Mental

Biasanya di malam sebelum ujian banyak orang yang grogi bahkan tidak bisa tidur. Nah, untuk menghindari itu semua, ada baiknya kamu tidur lebih awal agar keesokan harinya badan lebih segar dan fokus. Jika masih grogi, tidak ada salahnya jika kamu bercerita kecemasan kamu kepada orangtua. Pasti mereka akan memberikan kamu motivasi agar bisa tenang.

Jangan lupa juga untuk bangun lebih pagi agar tidak terburu-buru karena takut terlambat. Cek kembali semua barang bawaan sebelum berangkat. Pastikan semua keperluan sudah dibawa dalam tas. Persiapan mental ini akan membuat kamu lebih percaya diri saat menghadapi ujian nasioanl nanti. ;)

5. Berdoa

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berdoa. Sebelum memulai mengerjakan soal, usahakan untuk berdoa terlebih dahulu. Setelah selesai juga jangan lupa untuk berdoa. Agar doanya manjur, kamu juga perlu minta orangtua untuk mendoakan kamu agar mudah dalam menjalani ujian nasional.

Itulah beberapa cara agar kamu bisa lulus ujian nasional 2012. Semoga beberapa cara tersebut bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu para peserta ujian. ;)

Semoga tahun ini sekolah kamu lulus 100% yah..!!! :)

Comment di sini