Hati-hati! Angry Birds Space Palsu Mulai Mengintai

by
April 16th, 2012 at 5:01 pm

Bagi Anda pencinta atau penggemar game Angry Birds, sebaiknya berhati-hati sebelum mengunduh permainan Angry Birds Space. Pasalnya game Angry Birds versi  yang baru ini sudah disusupi malware alias peranti lunak jahat. Temuan ini disampaikan oleh perusahaan keamanan Sophos.

Menurut peneliti cyber, malwer jahat tersebut tengah mengintai pengguna Android. Jika mengunduh Angry Birds Space palsu, ponsel yang berbasis Android pasti akan langsung terserang virus. “Targetnya pengguna perangkat Android,” kata peneliti keamanan cyber, Graham Cluley, seperti dikutip Dailymail, Senin (16/4/2012).

Dia menjelaskan malware yang ada di dalam permainan ini adalah jenis Trojan bernama Andr/KongFu-L. Apabila calon korban mengunduh game berisi Trojan ini, maka kode berbahaya akan masuk ke sistem. Kode itu berfungsi mencuri informasi pribadi, seperti identitas, alamat e-mail, akun bank, sampai mengetahui situs yang dikunjungi.

Lebih parahnya, peratas yang menyebarkan malware jahat ini akan bisa mengendalikan gadget Android korban. Walau tidak secara langsung, ini tentu akan merugikan korban. “Para peretas juga dapat mengontrol gadget Android korban dari jarak jauh,” kata Cluley.

Selain itu, Trojan jenis ini juga bisa mengunduh aplikasi tertentu secara tiba-tiba tanpa izin sepengetahuan pemilik gadget.

Game Angry Birds Space adalah game versi terbaru dari Angry Birds. Pada permainan ini, latar belakang yang digunakan adalah luar angkasa. Angry Birds sendiri saat ini menjadi salah satu permainan yang sedang naik daun. Game tersebut sudah diunduh lebih dari 700 juta kali.

Untuk mencegah aplikasi berbahaya masuk ke perangkat Android Anda, Cluley menyarankan agar melakukan pengunduhan dari pasar aplikasi resmi, Google Play. Agar lebih yakin, perhatikan siapa pengembang aplikasinya, dan lihat rating atau tanggapan dari mereka yang pernah mengunduhnya.

Jadi, bagi Anda yang berniat mengunduh permainan versi terbaru dari Angry Birds ini sebaiknya berhati-hati. Perhatikan semua hal secara rinci, jangan sembarang saat mengunduhnya. ;)

Comment di sini