Siswa Heboh Kunci Jawaban UN 2012 Dijual Rp 25juta

by
April 16th, 2012 at 4:01 pm

Hari ini semua murid kelas 3 SMA/SMK di Indonesia dijadwalkan mengikuti Ujian Nasional (UN). UN sering dianggap sebagai momok karena hasil belajar para murid selama tiga tahun ditentukan oleh hasil ujian ini. Oleh sebab itu, tak jarang terdapat murid yang mencari jalan pintas guna mendapatkan kunci jawaban meskipun pihak dinas pendidikan telah mengunci rapat-rapat ruang untuk itu.

Di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, para murid kelas 3 SMA/SMK dihebohkan dengan beredarnya pesan singkat (SMS) yang disebut berisi kunci jawaban UN 2012. Kunci jawaban tersebut beredar sehari sebelum UN dialngsungkan atau pada Minggu (15/4).

Pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jatim lewat kepalanya, Harun, menyampaikan bahwa isi kunci jawaban itu tidak benar. Ia mengungkapkan pesan tersebut disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Setelah melakukan inspeksi mendadak di beberapa SMA di Surabaya, Harun menegaskan kalau kemungkinan kunci jawaban UN 2012 bocor itu sangat kecil karena proses pengambilan soal dijaga ketat dan ada lima soal yang berbeda untuk setiap rayon.

Sebelumnya beredar pesan dari satu ponsel ke ponsel lain yang mengatakan bahwa ada kunci jawaban UN 2012 yang tersedia dan bagi murid yang menginginkannya bisa membelinya dengan harga Rp 25 juta.

Kunci jawaban itu pertama kali diketahui beredar di kalangan murid yang mengikuti bimbingan belajar sore hari. Kunci jawaban itu diperuntukkan untuk soal Bahasa Indonesia yang diujikan hari ini (16/4).

Meskipun yakin bahwa pesan tersebut berisi kunci jawaban palsu, pihak Dinas tetap menugaskan tim pencari fakta untuk menyelidiki hal tersebut. Mereka ingin memastikan informasi tersebut tidak benar agar masyarakat tidak resah.

Comment di sini