Bahaya Menulis Status Galau

by
April 18th, 2012 at 5:01 pm

Apa yang sering kamu tulis sebagai status di BlackBerry Messenger (BBM) atau di Facebook dan Twitter kamu? Jika jawabannya adalah galau, lebih baik pikirkan lagi mulai sekarang. Pasalnya, menulis status galau di BBM atau jejaring sosial bisa memunculkan bahaya.

Seperti yang dihimbau pihak kepolisian Indonesia bahwa konten yang diunggah ke BBM, atau media sosial lainnya baik itu berwujud dalam status atau broadcast message (BM), bisa menjadi celah yang dapat ditembus penjahat. Salah status yang berbahaya adalah status galau (depresi).

Polri menghimbau masyarakat pengguna BBM, Facebook dan Twitter atau media sosial lainnya untuk berhati-hati dalam menulis status. “Hati-hati dalam menuliskan status di BBM. Jika tak berhati-hati dapat mengancam keselamatan Anda,” tulis Polri di situsnya.

Polri menilai dengan menuliskan status galau penjahat bisa memanfaatkannya sebagai pintu masuk dalam melancarkan niat busuknya pada calon korban. “Tak hanya di BBM, namun di jejaring sosial lainnya. Sebut saja Facebook dan Twitter. Status ini pintu masuk dari aksi kejahatan,” tulis imbuan Polri.

Pihak Polri juga memberikan contoh status yang berbahaya yakni, “Home alone”, “kesepian ditinggal orang tua”, “Bete nih di rumah sendiri”, dan “Sedang keluar kota/sedang di mall”. Pasalnya dengan menuliskan status semacam itu, penjahat akan lebih mudah melakukan kejahatan kepada korbannya.

Misalnya, kamu menulis status “Home alone”, penjahat bisa dengan mudah mengetahui kalau kamu sedang sendirian di rumah. Dan pastinya rumah kamu bisa menjadi sasaran empuk karena hanya ada kamu saja di rumah. Bahaya bukan?

“Jika status galau tersebut dibaca oleh penjahat, maka Anda terlihat dalam posisi yang lemah. Ingatkan putra dan puti Anda demi keselamatan dan keamanan keluarga,” lanjut Polri melalui situs resminya.

Wah, ternyata status galau yang kita pasang di Facebook, Twitter dan BlackBerry Messenger bisa berbahaya yah. Harus hati-hati lagi nih kalau nulis status. :D

Comment di sini