Bocah SD Ciptakan Alat Pendeteksi Gempa

by
April 18th, 2012 at 10:56 am

Neveinda Yogastawan, siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah I Gresik, Jawa Timur, berhasil menciptakan sebuah alat pendeteksi gempa. Alat ini akan mengeluarkan bunyi sirine jika terjadi guncangan atau gempa. Alat ini sangat bermanfaat agar warga bisa mengantisipasi gempa sedini mungkin.

Alat pendeteksi gempa ini terbilang cukup sederhana. Dimana alat ini dibuat dengan menggunakan satu sirine, magnet, baterai, dan kaleng bekas yang banyak ditemui di lingkungan sekitar.

Meski terbilang sederhana, alat yang diberi nama “Omplong Gempa” ini setidaknya mampu memberikan peringatan awal jika terjadi gempa, terutama di malam hari. Alat yang satu ini cukup dipasang di masing-masing rumah warga, terutama daerah rawan gempa, seperti Banda Aceh. Saat sirinenya berbunyi, maka warga secepatnya menyelamatkan diri ke daerah yang lebih aman.

Proses pembuatan omplong gempa:

Omplong gempa dibuat dengan cara melubangi kaleng susu bekas untuk lintasan kawat yang menghubungkan dengan bandulan magnet dan memanfaatkan tenaga baterai 9 volt. Untuk saat ini, pihak sekolah berencana untuk menyempurnakan sistem kerja omplong gempa tersebut.

Pihak sekolah akan terus mengembangkan omplong gempa itu sampai ketahap sempurna. Diharapkan omplong gempa ini akan bermafaat untuk masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di daerah rawan gempa bumi.

Comment di sini