Pembatasan BBM Untuk Mobil Pribadi Aktif Awal Juli

by
April 18th, 2012 at 3:10 pm

Setelah rencana kenaikan harga BBM batal, pemerintah akan segera melakukan pembatasan BBM mulai awal Mei 2012. Pembatasan ini diperuntukan untuk 12.000 mobil dinas pemerintah. Pada awal Juli 2012, baru pembatasan BBM berlaku untuk mobil pribadi. Sudah siap kah Anda?

Mekanisme pembatasan BBM untuk mobil pribadi saat ini memang masih belum jelas. Tapi pelaksanaan pembatasan BBM akan tetap dilaksanakan setelah program pembatasan mobil dinas pemerintah dimulai.

“Setelah 60 hari (awal Juli) aturan berlaku baru kendaraan masyarakat umum yang akan dikenakan pembatasan,” Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Hernawati Legowo, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (18/4/2012).

Evita menjelaskan, kendaraan umum yang dimaksud adalah mobil pribadi. Pembatasan BBM ini akan mulai diberlakukan di wilayah Jabodetabek. Dan akan diperluas hingga pulau Jawa dan wilayah Bali, hingga akhirnya secara nasional.

“Untuk tahap awal dilakukan di Jabodetabek menyusul kemudian di Jawa-Bali lalu diusahakan di daerah-daerah yang sudah ada BBM non subsidinya,” tanda Evita.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) A. Qoyum Tjandranegara mengatakan pemerintah sudah menyiapkan aturan pembatasan BBM subsidi. Dimana pemerintah memilih batasan besaran mesin kendaraan (cc) yaitu mobil di atas 1.300 cc akan kena larangan menggunakan BBM bersubsidi.

Namun, ada juga yang menyarankan opsi kedua untuk pemerintah. Dimana dalam opsi tersebut meminta pembatasan diberlakukan pada mobil berkapasitas 1.500 cc dan di atas 2000 cc. Tapi saat ini pemerintah memilih untuk menerapkan opsi pertama yakni, 1.300 cc.

Sebelumnya, setelah harga BBM Pertamax naik terlihat beberapa mobil mewah di Jakarta dan kota besar lainnya mulai beralih ke BBM subsidi. Terlihat jelas foto mobil mewah dari segala merek minum BBM bersubsidi. Hal ini jelas merugikan masyarakat miskin dan pemerintah.

Bagaimana menurut Anda, apakah langkah pemerintah untuk membatasi BBM mobil pribadi ini sudah tepat? ;)

Comment di sini