Tips Aman Dari Gempa Saat di Gedung Bertingkat

by
April 18th, 2012 at 10:02 am

Seperti yang sudah diketahui Jakarta adalah kota besar yang mempunyai banyak gedung bertingkat. Tentunya, ini akan berbahaya jika nantinya Jakarta digoncang gempa. Apalagi disebutkan ada 12 sumber gempa yang berpotensi goncang Jakarta. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan saat gempa?

Jika melihat begitu banyaknya sumber gempa yang berpotensi goncang Jakarta, sudah seharusnya warga Jakarta waspada. Tentunya kewaspadaan ini harus disertai dengan pengetahuan apa yang harus dilakukan saat gempa dan pengetahuan untuk menyelamatkan jiwa.

Untuk itu, berikut ada beberapa tips atau langkah yang perlu dilakukan agar aman dari gempa saat berada di kantor atau gedung bertingkat lainnya. Tips ini disampaikan oleh Hadianto W dari Jakarta Rescue di seminar “Mitigasi Gempa dan Langkah-langkah Evakuasi di Gedung Bertingkat” seperti dikutip dari Kompas.

Langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Jangan panik. Tetaplah tenang.
2. Jatuhkan diri ke lantai dalam posisi jongkok. Carilah pelindung yang kokoh, bisa berupa meja, kursi atau yang lainnya.
3. Jika pelindung tidak ada carilah bagian gedung yang kokoh seperti tiang penyangga. Jangan berlindung di tembok yang berbahan tripleks.
4. Amati situasi sekitar. Jangan hanya karena gempa lantas berbondong-bondong menuruni tangga. Ini justru bisa mengakibatkan kecelakaan.
5. Jika ingin turun, gunakanlah tangga. Bukan tangga berjalan atau lift.

Handianto menambahkan, gedung bertingkat harus mempunyai floor captain dan building commander. Orang yang bertugas sebaga floor captain akan bertindak memberikan instruksi di setiap lantai, sedangkan building commander bertanggung jawab atas gedung secara keseluruhan.

Untuk meningkatkan suasana aman dan tidak panik, gedung bertingkat harus menyediakan ruangan meeting point. Ruangan tersebut nantinya akan digunakan untuk berkumpul penghuni di lantai atas. Pasalnya, untuk lebih aman penghuni lantai atas hanya boleh turun 2 lantai saat gempa.

Jadi misalkan ada 20 lantai, maka setidaknya harus ada 9 meeting point. Ini akan bermanfaat untuk menjaga penghuni untuk tetap tenang dan tidak panik. Penghuni yang ingin turun, harus mengikuti komando dari floor captain dan building commander untuk mencegah kerumunan.

Comment di sini