Wow! PT Lapindo Dapat Penghargaan Zero Accident

by
April 18th, 2012 at 11:58 am

Perusahaan yang menyebabkan terjadinya semburan lumpur panas di Sidoarjo, Jawa Timur, PT Lapindo Brantas Inc ternyata malah dapat penghargaan Zero Accident. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur. Wow.!

Penghargaan Zero Accident ini diberikan terhadap sejumlah perusahaan di Propinsi Jawa Timur (Jatim) dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Soekarwo, di gedung Negara Grahadi, Surbaya. Setidaknya ada 213 perusahaan yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan Zero Accident adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai jauh dari kecelakaan kerja. Penilaian dimulai dari budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan PT Lapindo Brantas Inc berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

Ini tentunya berbanding terbalik dengan masalah lumpur lapindo yang belum terselesaikan. Banyak pihak yang menilai PT Lapindo Brantas harus bertanggung jawab mengenai hal ini. Namun, menurut Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, perusahaan milik Aburizal Bakrie ini memang pantas mendapatkan penghargaan.

“Dari beberapa perusahaan itu memang PT Lapindo Brantas memang layak untuk mendapatkan pengharagaan Zero Accident,” kata Pakde Karwo usai menyerahkan penghargaan di gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Selasa (17/4/2012) kemarin.

Menurutnya, penghargaan ini tidak ada kaitannya dengan persoalan semburan lumpur di Sidoarjo. Dia menegaskan, persoalan lumpur lapindo adalah domain pemerintah pusat. Pemprov Jatim hanya mendesak agar persoalan itu diselesaikan.

“Ini urusannya pemerintah pusat. Kita hanya bisa mendesak pemerintah pusat atau memediasi korban lumpur lapindo. Mereka minta 100 orang diantar ke Jakarta. Tapi nggak mungkin lah, mau tidur di mana nanti? Sebab kantor perwakilan Jatim kapasitasnya terbatas. Jadi kita sanggup perwakilan 20 orang saja,” paparnya seperti dikutip dari Okezone.

Sementara itu, External Relation and Field Administration Super Internal PT Lapindo Berantas Inc Arief Setyo Widodo mengatakan, persoalan ganti rugi warga maupun semburan lumpur lapindo tidak ada sangkut pautnya dengan penghargaan Zero Accident. Pasalnya, PT Lapindo  hanya bergerak di bidang eksplorasi dan produksi.

Bagaimana, menurut kamu apakah PT Lapindo Brantas Inc pantas untuk mendapatkan penghargaan Zero Accident (tanpa kecelakaan kerja) setelah menyebabkan lumpur panas?

Comment di sini