Dialog Bandingkan SBY Dengan Tomcat, Metro TV Ditegur KPI

by
April 19th, 2012 at 11:59 am

Stasiun televisi spesialis berita Metro TV kembali mendapatkan teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Pasalnya, Metro TV pernah menyiarkan sebuah dialog yang membandingkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan tomcat.

Menurut KPI, Metro TV telah lalai dalam menyeleksi siarannya. Apalagi ini menyangkut nama baik Presiden SBY selaku pimpinan pemerintah. Hal itu disampaikan dalam surat peringatan KPI Pusat yang ditujukan kepada Dirut Metro TV, Andrianto Machribie Reksohadiprojo, Selasa (17/4/2012) kemarin.

Menurut KPI, pelanggaran ini terjadi pada acara “8-11 Show” yang tayang pada 30 Maret 2012. Salah satu segmen dialog, menampilkan narasumber yang menganggap Presiden SBY sebagai tomcat.

Dalam surat peringatan yang ditandatangani Ketua KPI Pusat, Mochamad Riyanto, diuraikan secara rinci pendapat dari narasumber yang membandingkan Presiden SBY dengan tomcat. KPI Pusat menilai ini adalah kelalaian.

Menurut KPI, seharusnya pembawa acara Metro TV berusaha melakukan pencegahan atau mengalihkan materi pembicaraan saat narasumber mulai membahas persamaan SBY dengan hewan (tomcat).

KPI meminta Metro TV lebih hati-hati, mengingat kapasitas SBY sebagai Kepala Pemerintah sekaligus Kepala Negara yang merupakan simbol negara.

Sebelumnya, pada 2 April 2012, KPI Pusat menerima pengaduan dari Indonesia Media Watch mengenai tayangan Metro TV itu. Perwakilan Indonesia Media Watch sangat menyayangkan adegan pembicaraan narasumber yang menyamakan Presiden dengan tomcat.

Comment di sini