Mahfud MD: Merokok Hak Asasi Setiap Orang

by
April 19th, 2012 at 8:47 am

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD berpendapat merokok adalah hak asasi setiap orang. Penyediaan tempat khusus untuk merokok itu bukan dimaksudkan untuk melarang perokok merokok. Tapi untuk menertibkan para perokok.

Seperti dikutip dari detikcom, “Merokok itu hak asasi setiap orang,” kata Mahfud MD usai mengikuti acara Gathering Paguyuban Mediasi di Ruang Paseo lantai 39, Plaza BII Tower 2, Jalan MH Thamrin No. 51, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2012).

Mahfud menegaskan kalau pihak MK tetap konsisten terhadap peraturan merokok yang telah disepakati. Menurutnya MK hanya ingin menginformasikan secara tegas pihaknya tidak pernah melarang merokok. Penyediaan ruang khusus rokok ini hanya untuk memberikan rasa nyaman di masyarakat.

“Jadi begini, kalau selama ini MK dinilai tidak konsisten, rokok itu memang berbahaya. Tapi merokok itu tidak dilarang,” ujar Mahfud MD.

Mahfud mengaku pihaknya tidak bisa melarang perokok untuk merokok. Ia hanya meminta para perokok untuk sadar diri agar tidak mengganggu orang yang tidak merokok. “Itu adalah dua hal yang berbeda dan perlu dipahami. Kalau memang mau merokok ya harus sadar. Tapi tidak ada larangan untuk merokok itu sendiri,” tegas Mahfud.

Seperti yang sudah diketahui, MK sudah merubah penjelasan pasal 115 ayat (1) UU No 36/2009 tentang Kesehatan, pada Selasa (17/4/2012) kemarin. Saat ini bunyi pasal tersebut berubah menjadi, “khusus bagi tempat kerja, tempat umum, dan tempat lainnya menyediakan tempat khusus untuk merokok.

Ya, tentu kita mengharapkan agar tempat khusus untuk merokok ini bisa digunakan sebaik mungkin oleh para perokok. Pasalnya, seringkali ada banyak perokok yang memilih merokok di tempat umum karena mengaku malas untuk pergi ke tempat khusus merokok.

Apakah solusi menyediakan tempat merokok ini bisa jadi jalan keluar untuk masalah rokok?

Comment di sini