Bayi Berkaki 6 Lahir di Pakistan

by
April 20th, 2012 at 3:07 pm

Seorang bayi laki-laki di Pakistan terlahir dengen kelebihan anggota badan. Bayi ini memiliki enam kaki yang diduga kembar parasit yang tidak berkembang sempurna. Kini tim dokter harus berjuang untuk menyelamatkan nyawa bayi ini dengan operasi.

Para dokter kini sedang mengawasi kesehatan sang bayi yang kini dipindah ke Karachi untuk menjalani perawatan. Mereka sedang mempertimbangkan untuk meminta bantuan pihak asing untuk operasi menghilangkan bagian tubuh tambahan sang bayi.

Menurut salah satu dokter di Karachi, mengoperasi bayi dengan kondisi tersebut tidak mudah. Perlu dilakukan analisa agar tidak salah dalam mengoperasi bagian tubuh yang akan dilepas.

“Mengoperasi bayi dengan kondisi seperti ini bukanlah tugas mudah, harus ada penilaian menyeluruh akan apa yang harus dilakukan,” kata Dr Jamal Razza dari Institut Nasional Kesehatan Anak di Karachi.

Menurut Dr Jamal, operasi membuang bagian tubuh dari bayi ini bisa membahayakan nyawa si bayi. Apalagi jika organ tubuh lebihnya itu sudah berkembang dalam tubuh si bayi, ini akan memperumit proses operasi.

“Kami harus mengetahui apakah bayi ini memiliki semua anggota tubuh kembarnya atau anggota tubuhnya sendiri. Kami juga harus menentukan seberapa banyak organ dalam yang sudah berkembang dan ini bisa merumitkan masalah dan menurunkan kans bayi ini untuk hidup,” ujar Dr Jamal.

Sementara itu, ayah bayi, Imran Shaikh sudah meminta bantuan dana untuk perawatan anak laki-lakinya itu. Ibu sang bayi sedang memulihkan diri dari operasi caesar di rumah keluarga mereka di Sukkur, sekitar 450 km dari Karachi, Pakistan.

“Aku tidak mampu untuk mengunjungi Karachi dan mendapatkan perawatan untuk si bayi, dan saya berharap ada dermawan yang membantu,” ungkap ayah sang bayi pada media seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (20/4/2012).

Kasus bayi berkaki 6 ini bisa jadi merupakan kasus pertama yang terjadi di Pakistan, dan pihak medis di Pakistan berharap bisa sukses melakukan operasi pemisahan anggota tubuh parasit tersebut, sebab hal ini bisa sekaligus menjadi pembelajaran bagi dunia medis di sana

Comment di sini