Foto Kelakuan Tentara Amerika Serikat di Afganistan

by
April 20th, 2012 at 10:36 am

Ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan NATO dengan Afghanistan memunculkan fakta yang mengejutkan. Dimana beredar foto para tentara Amerika Serikat yang bergaya dengan jasad pejuang dari Afghanistan. Hal ini diungkapkan sebuah koran AS.

Koran AS, “LA Times” mengungkapkan setidaknya 18 gambar tentara AS bergaya dengan jasad pejuang Afghanistan yang diambil pada tahun 2010 lalu. Sebelumnya sebuah video juga memperlihatkan empat Marinir AS mengencingi jasad gerilyawan Afghanistan.

Di salah satu gambar itu, satu peterjun bergaya di samping tulisan tak resmi di samping jasad, bertuliskan “Pemburu Zombie”, sementara di gambar lain, tentara bergaya dengan polisi Afghanistan memegang potongan kaki pejuang pembom.

LA Times” menyatakan tentara Divisi Lintas Udara 82 berada di kantor polisi di propinsi Zabol, Afghanistan, pada Februari 2010 dan mengunjunginya kembali beberapa bulan kemudian. Gambar itu diambil pada kedua kesempatan tersebut.

Berikut fotonya:

Duta Besar Amerika Serikat untuk Afghanistan Ryan Crocker mengutuk foto itu. Dia menyebut tindakan tentara tersebut “secara moral menjijikan” dan menyatakan mereka “tidak menghormati pengorbanan ratusribuan tentara dan warga Amerika Serikat, yang bertugas dengan baik di Afghanistan.”

Sebelumnya pihak pejabat Amerika Serikat meminta koran “Times” tidak mempublikasikan foto tersebut. Namun “Times” mengaku tetap menerbitkannya karena ingin bersifat profesional sebagaimana tugasnya adalah menyiarkan berita kepada masyarakat.

“Setelah pertimbangan cermat, kami memutuskan bahwa menerbitkan beberapa tapi tetap mewakili semua foto. Pilihan ini kami lakukan untuk memenuhi kewajiban kami kepada pembaca untuk melaporkan dengan semangat dan tidak memihak tentang semua unsur tugas Amerika Serikat di Afghanistan,” kata redaktur “Times” Davan Maharaj dalam tulisan di surat kabar tersebut.

Tentara AS dan NATO sendiri saat ini masih berada di Afghanistan. Rencananya, pihak AS dan NATO baru akan menarik pasukannya pada tahun 2014 mendatang. Penyebaran foto tersebut diprediksi akan membuat kondisi tentara AS di Afghanistan semakin terancam, karena tentu ada banyak pihak yang marah dan mengecam mengenai foto itu.

Comment di sini