PNS Dihukum Jalan Kaki Karena Absen Apel Pagi

by
April 20th, 2012 at 9:18 am

Ada yang lain dengan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Setda Ngada. Terlihat ratusan PNS sedang jalan kaki keliling Kota Bajawa, Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/4/2012) lalu. Mereka dihukum lantaran tidak disiplin mengikuti apel pagi.

Ide menghukum PNS ‘nakal’ dengan jalan kaki keliling kota ini dicetuskan oleh Bupati Ngada Nusa Tenggara Timur, Marianus Sae. Ia mengaku kesal dengan ratusan PNS yang kerap kali bolos dan tidak ikut apel pagi. “Ini sudah keterlaluan, mau urus kerja harus orang lain yang atur. Kita punya tanggung jawab yang besar kepada masyarakat, tetapi untuk kehadiran saja susah seperti ini,” kata Bupati Marianus seperti dikutip dari Tribun, Jumat (20/4/2012).

Ratusan PNS dari berbagai SKPD itu disuruh berjalan kaki mengelilingi Kota Bajawa. Mereka dijaga langsung Bupati Ngada, Marianus Sae, didampingi Asisten III, Anthonius Repu, dan puluhan petugas Pol PP. Tampak beberapa kepala dinas juga ikut berjalan kaki mendampingi stafnya yang kurang disiplin.

Hukuman ini dilakukan setelah apel pagi sekitar pukul 08.30 Wita. Ratusan PNS itu berjalan kaki mengikuti rute yang sudah ditentukan yakni, melintasi Jalan Soekarno Hatta, Ahmad Yani dan kembali ke Kantor Bupati Ngada sekitar pukul 09.30 Wita untuk mendapat arahan dari Bupati Ngada.

Marianus mengingatkan, bagi para PNS yang tetap tidak disiplin dan absen dalam apel pagi dia akan memberikan sanksi yang lebih keras lagi. Ia tidak segan-segan menyuruh para PNS untuk jalan kaki sambil membawa spanduk bertuliskan “kami terlambat. Jadi jangan ikut kami.” :D

Sepanjang jalan, masyarakat dan para pedagang menonton ratusan PNS yang tengah dihukum. Mereka mengira para PNS itu sedang mengikuti aksi jalan sehat. Setelah sampai di kantor Bupati Ngada, tampak para PNS kelelahan, keringat mengalir deras. Ada yang mukanya ditutup dengan sapu tangan.

Sayang, saat wartawan hendak mengambil gambar, mereka berusaha menghindar jauh dari sorotan kamera. Mereka merasa malu kalau kejadian ini diekspose di koran.

Apakah para PNS ini akan jera dan menjadi disiplin setelah ada hukuman dan peringatan tersebut?

Comment di sini