Program “Kakek-kakek Narsis” Kena Kritik Lagi

by
April 20th, 2012 at 1:33 pm

Program talk show, Kakek-kakek Narsis (KKN) di Trans TV kembali mendapat kritikan lagi. Kali ini kritikan datang dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) pemerhati siaran televisi, Remotivi. KKN dianggap bermasalah dengan konsepnya.

“Masalah bukan pada perempuannya, tapi justru konsepnya,” kata koordinator Remotivi, Roy Thaniago, seperti yang dikutip dari Tempo, Kamis (19/4/2012).

Berdasarkan pengamatannya, perempuan hanya hadir di program KKN untuk diganggu alias hanya menjadi obyek gangguan. Hal ini dinilai sebagai konsep yang secara tidak langsung sudah melecehkan perempuan.

“Secara konsep program tersebut sudah melecehkan perempuan. Perempuan-perempuan cantik dan seksi di program tersebut tidak salah apa-apa karena hanya dijadikan alat,” ujar Roy.

Roy mengatakan pihak Remotivi tidak keberatan dengan kehadiran perempuan dalam acara KKN tersebut. Hanya saja Remotivi menginginkan adanya peran yang pas untuk si perempuan agar tidak terkesan digunakan seperti alat.

“Boleh saja KKN menghadirkan perempuan dalam program tersebut asalkan dalam peran dan kapasitas yang pas, bukan sebagai obyek hiburan ataupun seksual,” ujar Roy.

Roy menegaskan, program KKN sejak awal sudah bermasalah dengan konsepnya bukan perempuannya. Jadi menurutnya pihak Trans TV seharusnya tidak perlu sampai memecat salah satu perempuan dari program KKN hanya karena di kritik.

“Jadi, saya tegaskan, yang bermasalah konsepnya. Kalau perempuannya yang disalahkan, bahkan hingga dipecat, berarti sama saja mengambinghitamkan perempuan atas kesalahan konsep di program tv itu,” kata Roy.

Sementara itu, Humas Trans TV Hadiansyah Lubis mengatakan pihaknya terbuka untuk menerima kritikan dari masyarakat. Namun Trans TV membela diri bahwa program KKN sudah pernah ditegur Komisi Penyiaran Indoensia (KPI) dan sudah dievaluasi. Dia mempertanyakan apakah pihak Remotivi dan Komnas Perempuan melayangkan protes berdasarkan episode-episode lama program KKN yang belum dievaluasi.

Remotivi sendiri sebenarnya berharap agar program acara KKN stop tayang di Trans TV. Mereka meminta KPI memberikan mekanisme teguran berikutnya agar pihak stasiun televisi jera.

Comment di sini