Vonis 4 Tahun 10 Bulan Nazaruddin Lebih Ringan dari Tuntutan JPU

by
April 20th, 2012 at 1:37 pm

Terdakwa multi kasus korupsi Muhammad Nazaruddin akhirnya mendapatkan vonis hari ini. Mantan bendahara Partai Demokrat itu dijatuhi hukuman penjara selama 58 bulan dipotong masa tahanan.

Di gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Ketua Majelis Hakim Dharmawati Ningsih membacakan vonis tersebut kepada Nazaruddin yang didakwa karena perbuatannya menilep dana dalam proyek Wisma Atlet Jakabaring Palembang, Jakarta Selatan.

Selain penjara selama 58 bulan atau 4 tahun, Nazaruddin yang ditangkap di Kolombia setelah buron selama beberapa bulan juga dijatuhi hukuman denda Rp 200 juta.

Jaksa Penuntut Umum sebelumnya menuntut Nazaruddin dengan tuntutan hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp 300 juta. Vonis yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim jelas jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa.

Nazaruddin duduk sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi setelah diduga mendapatkan 5 lembar cek senilai Rp 4,5 miliar dari Manajer Marketing PT Duta Graha Indah, Mohammad El Idris, dalam keterkaitannya dengan proyek pembangungan wisma atlet dalam rangka menyambut SEA Games di Palembang.

Sebelumnya Nazaruddin menyebut beberapa orang dari Partai Demokrat yang ia tuduh terlibat dalam kasus korupsi seperti Anas Urbaningrum dan Angelina Sondakh. Hingga kini, baru Nazaruddin yang berhasil dipaksa duduk di kursi tersangka.

Comment di sini