Siapa Pengganti Wamen ESDM?

by
April 23rd, 2012 at 5:00 pm

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Manusia (Wamen ESDM), Widjajono Supartowidagdo telah meninggal dunia saat mendaki Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (21/4) lalu. Pemerintah tentunya harus menyiapkan pengganti baru karena masa jabatan beliau belum selesai. Lalu siapa yang akan menjadi penggantinya?

Pemerintah belum memikirkan kandidat untuk menggantikan posisi Wakil Menteri ESDM ini. Pembahasan mengenai itu pun belum dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama para menterinya.

“Belum ada pengganti Wamen ESDM. Pertemuan dengan Presiden pun belum sampai ke situ,” kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa di Istana Kepresidenan, seperti dikutip dari Republika, Senin (23/4).

Hatta mengaku belum tahu siapa yang akan menjadi pengganti almarhum Widjajono. Ia menyerahkan semuanya itu kepada Presiden SBY. Apalagi hanya Presiden lah yang berhak menempatkan seseorang dalam jabatan tersebut. “Kalau beliau meminta (untuk mengajukan nama baru Wamen ESDM). Karena itu hak prerogratif presiden,” katanya.

Ia mengakui posisi Wamen ESDM adalah posisi penting dalam pemerintahan. Apalagi posisi ini menangani masalah mineral, migas, dan oli. Namun, meskipun demikian Hatta mengklaim kalau pemerintah tidak mengalami masalah karena jabatan Wamen ESDM kosong.

“Tidak akan menghambat kebijakan pemerintah. Kita kan punya sistem,” katanya.

Wajar saja pemerintah belum menyiapkan pengganti untuk menjabat sebagai Wamen ESDM yang baru, karena jenazah Widjajono sendiri baru di makamkan pada Minggu (22/4/2012) kemarin di Pemakaman San Diego Hills. Hingga saat ini belum ada pihak yang berani berspekulasi siapa kandidat terkuat pengganti Widjajono.

Comment di sini