Gideon Sundback Hadir Di Google

by
April 24th, 2012 at 2:58 pm

Sudah mengunjungi situs Google hari ini? Jika sudah, kamu pasti menemukan hal menarik pada homepage engine search nomor satu ini. Disana ada sebuah retsleting raksasa yang

melintang tepat di tengah-tengah, dan jika kamu mau, kamu bisa menarik buka retsleting tersebut, untuk kemudian nantinya diarahkan secara otomatis ke hasil pencarian mengenai seseorang bernama Gideon Sundback.

Pasti sekarang kamu bertanya-tanya, memang siapa sih sebenarnya Gideon Sundback ini? Gideon Sundback adalah seorang warga negara Swedia, yang lahir tepat pada tanggal hari ini, yakni 24 April, 132 tahun yang lalu. Lahir dengan nama lengkap Otto Fredrik Gideon Sundback, ia sukses mendapatkan gelar insinyurnya pada tahun 1903 dari pendidikan politeknik yang beliau tempuh di Bingen am Rhein. Tahun 1905, ia datang ke Amerika Serikat.

Di negara Paman Sam, beliau meniti karir, mulai dari Westinghouse Electric and Manufacturing Company, dan kemudian pindah ke Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey. Disitulah beliau diperkenalkan dengan Elvira Aronson, yang kemudian kelak menjadi istrinya.

Beliau mulai berkonsentrasi untuk mengembangkan ritsleting dari tahun 1906. Produk perusahaan tersebut, yang bernama “Judson C-Curity Fastener” saat itu masih berbentuk kait dan kancing saja. Sundback memperkenalkan “Plako” yang merupakan versi revisinya, yang sudah mendekati bentuk retsleting modern. Perkembangan terus dilakukan, sampai pada tahun 1917, beliau berhasil mendapatkan hak paten atas produk mereka “Fastener Separable”, dengan hadiah paten no. 1219881.

 

Comment di sini