CiriCara: Cara Memilih Sepatu Futsal

by
April 25th, 2012 at 2:23 pm

Bagi kamu yang suka bermain sepakbola mini atau lebih dikenal dengan nama futsal tentu ingin punya sepatu futsal yang awet bukan? Agar bisa bermain futsal dengan baik, kamu perlu memilih sepatu futsal yang tepat dan nyaman saat dipakai.

Layaknya permainan sepakbola biasa, futsal juga memerlukan sepatu khusus agar pemain merasa nyaman saat beraksi. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih sepatu futsal.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu futsal yang baik:

1. Tentukan pilihan bahan sepatu

Bahan dari sepatu futsal memang bermacam-macam. Bahan pembuat sepatu futsal sangat berpengaruh pada kenyamanan si pemakai. Berikut bahannya:

- Kulit
Kulit kanguru dianggap sebagai bahan sepatu terbaik. Kelebihan dari bahan ini adalah kelenturan dan kekuatannya sangat bagus. Sepatu dengan bahan kulit bisa bertahan lebih lama dibanding sepatu dengan bahan lainnya.

- Kain
Bahan kain memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih ringan, mudah menyerap keringat, dan mudah mengeluarkan panas atau breathable. Ini dikarenakan teksturnya yang berpori.

- Imitasi
Bahan imitasi mudah sobek, terutama bagian jahitannya. Perbedaan paling mencolok dengan bahan kulit dan kain adalah kekauan bahanya. Dimana bahan imitasi lebih kaku. Bahan imitasi unggul dalam harga, sepatu futsal dengan bahan imitasi dijual dengan harga yang lebih murah.

Selain ketiga bahan itu, kini sepatu futsal sudah ada yang terbuat dari bahan berserat karbon yang ringan dan kuat. Sekarang tinggal pilih mau yang mana?

2. Bagian atas sepatu futsal

Perhatikan bagian atas sepatu futsal yang akan kamu beli. Pastikan bagian atasnya mulus dan tidak ada bagian yang benjol. Perhatikan juga kekuatan jahitan atau lemnya agar tidak cepat jebol atau rusak. Yang lebih penting pastikan kaki kamu bisa nyaman saat memakai sepatu tersebut.

3. Bagian belakang sepatu futsal

Yang harus diperhatikan pada bagian belakang sepatu futsal adalah penopang tumit. Pastikan penopang tumit sepatu futsal kamu kokoh, tidak mudah bertekuk, bagian sol empuk dan cukup tebal untuk menahan benturan kaki saat berlari. Bagian ini biasanya dilapisi bahan EVA yang empuk dan ringan.

4. Lapisan Dalam dan Sol Dalam Sepatu Futsal

Sepatu futsal yang baik akan menggunakan pelapis dalam berbahan lembut, kuat dan mampu menyerap keringat dari kaki. Selain itu, sol dalam harus empuk dan bagian bawahnya harus dilapisi kain yang turut dijahit, bukan hanya lapisan karton. Pastikan benang sol kuat dan rapi di setiap bagian.

5. Jenis sol sepatu futsal

Jenis sol sepatu futsal perlu diperhatikan karena lapangan futsal di Indonesia banyak yang menggunakan rumput sintetis atau buatan. Untuk lapangan berumput buatan, sol yang digunakan harus memiliki tonjolan-tonjolan atau pull dan bahannya lebih keras dibanding sol sepatu futsal biasa.

Itulah beberapa cara memilih sepatu futsal yang baik, kuat dan nyaman saat dipakai. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi saat memilih sepatu futsal. ;)

Comment di sini