Wow! Gaji Pejabat Akan Naik Januari 2013

by
April 25th, 2012 at 10:08 am

Di tengah-tengah masih banyaknya masyarakat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan, para pejabat mulai menyusun siasat untuk naik gaji. Tidak tanggung-tanggung rencana kenaikan gaji ini akan dilangsungkan pada Januari 2013 mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan kalau gaji pejabat naik pada Januari 2013 mendatang. Namun ia belum bisa memastikan besaran kenaikan gaji tersebut. “Kenaikannya berapa saya lupa. Yang jelas ada kenaikan,” kata Azwar di Palu, seperti dikutip dari Tempo, Selasa (24/4/2012) kemarin.

Menurut Azwar, kenaikan gaji para pejabat ini juga diikuti dengan kenaikan gaji para hakim. Pemerintah, sudah menyiapkan draft rencana kenaikan gaji dan tunjangan pejabat negara dari presiden sampai bupati. Hanya saja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum bisa menerapkan hal ini karena masih melakukan pertimbangan.

Pernyataan Azwar mencuat setelah Bupati Buol Amran Batalipu mempertanyakan gaji pejabat yang sudah berlangsung kurang lebih 13 tahun belum mengalami kenaikan. Gaji bupati saat ini tercatat sebesar Rp 6,1 juta per bulan di tambah dengan fasilitas dinas dari pemerintah.

Menurut Amran, salah satu cara untuk mencegah tindak pidana korupsi adalah dengan cara menaikan gaji para pejabat. “Kalau gaji banyak saya yakin aparatur kita akan bekerja lebih dari waktu yang ada. Bila perlu 1 x 24 jam,” kata Amran.

Menpan Azwar sendiri berkunjung ke Palu untuk menghadiri sosialisasi pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se Sulawesi Tengah. Namun sayang, hanya sebagian bupati yang hadir dan mau menandatangani pakta integritas.

Isi pakta integritas tersebut antara lain adalah bupati dan wali kota berperan secara aktif dalam pemberantasan korupsi di daerah masing-masing, tidak menerima hadiah atau suap, bersikap transparan, jujur dan akuntabel.

Kalau dalam acaranya saja sudah banyak yang tidak hadir, bagaimana dalam pelaksanaannya yah? Udah kebayangkan, acara seperti ini hanya sekedar acara dan tidak ada efeknya buat para pelaku korupsi.

Masih pantaskah para pejabat kita menaikan gaji? Sedangkan masih banyak masyarakat yang hidup miskin.

Comment di sini