TKI Tewas di Malaysia Terkait Pencurian Organ Tubuh?

by
April 26th, 2012 at 3:08 pm

Tiga tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dilaporkan tewas pada Senin (23/4/2012) lalu. LSM Migrant Care dan Koslata mencium keanehan terkait tewasnya ketiga korban tersebut. Pasalnya ada banyak jahitan di tubuh para korban.

Ketiga korban tersebut merupakan TKI asal Nusa Tenggara Barat (NTB). Para korban tersebut bernama Herman (34), Abdul Kadir Jaelani (25), dan Mad Noon (28). Mereka tewas karena adanya luka tembakan.

“Ada jahitan di dada bagian atas, dekat lengan kanan ke kiri, lurus melintang,” kata Koordinator Divisi Advokasi Migrant Care, Nurharsono saat dihubungi VIVAnews, Senin (23/4/2012) lalu. Selain itu ditemukan juga jahitan di dada hingga tengah perut di bawah pusar, yang menyambung jahitan dada atas.

Anehnya lagi mata jenazah korban penembakan itu juga dijahit. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah mengatakan, tak sepatutnya otopsi dilakukan pada mata. Kuat dugaan kalau tubuh mereka dipreteli untuk diperdagangkan.

Untuk menjawab dugaan adanya perdagangan organ tubuh itu, otopsi ulang pada ketiga jenazah TKI yang tewas di tembak Polisi Diraja Malaysia itu akan dilakukan di Indonesia. Rencananya otopsi akan dilakukan pada Kamis dan Jumat, 26 – 27 April 2012.

Menurut Kepala BNP3TKI Moh. Jumhur Hidayat, izin tertulis otopsi ulang sudah diberikan oleh keluarga tiga TKI korban.“Untuk teknis lokasi rumah sakit yang menangani otopsinya, akan segera ditentukan oleh pihak kepolisian, yakni Polda NTB bekerja sama BP3TKI Mataram,” katanya pada Kamis (26/4/2012).

Comment di sini