CiriCara: Cara Mengatasi BlackBerry Yang Lemot

by
April 27th, 2012 at 9:45 am

Kamu pengguna BlackBerry? Sering mengalami masalah ketika layar di BB kamu cuma memperlihatkan gambar jam yang berputar alias lemot? Atau malah tidak merespon sama sekali? Tenang, jangan keburu kesal dulu. Kita punya caranya, selain soft reset dan hard reset, untuk membantu kamu mengatasi hal tersebut, bahkan tidak hanya sekedar mengatasi tapi juga mencegah. Berikut tips-tips yang bisa kamu coba:

1. Jangan bergabung dengan terlalu banyak grup BBM

Biasanya orang-orang suka membuat grup BBM untuk beragam tujuan, seperti untuk keluarga, teman-teman dekat, rekan kerja, teman kuliah, atau yang belakangan sedang tren, berjualan online. Jangan membuang-buang memori BB kamu dengan bergabung ke dalam grup BBM yang banyak. Bergabunglah dengan 2 atau 3 paling banyak, grup BBM yang kamu anggap benar-benar penting. Jika hanya seperti teman dekat atau teman kuliah, mungkin bisa kamu akali dengan cara membuat “Categories” di dalam BBM itu sendiri.

2. Hapus email yang sudah dibaca dan tidak penting

Orang memiliki kebiasaan malas untuk menghapus email yang sudah mereka baca. Jika email tersebut memang bukan email yang penting, lebih baik dihapus, apalagi jika email tersebut bukan hanya tidak penting tapi juga ada file attachment yang berukuran cukup besar. Tapi, kalau kamu merasa email itu masih penting, walaupun ingin kamu hapus dari BB, tenang saja. Ada caranya. Ketika kamu mau menghapus email itu, akan ada pilihan untuk menghapus “On Mailbox & Handheld” dan “On Handheld Only”. Pilih saja yang “On Handheld Only”, maka email tersebut hanya akan terhapus di BB kamu, tapi tidak dengan yang di server.

3. Jangan simpan file foto, lagu, ataupun video, di dalam memory internal BB

Gunakan memori eksternal yang kamu punya untuk menyimpan file-file seperti lagu, video, ataupun foto. Jadi jangan pernah simpan file-file jenis tersebut di dalam memory internal BB karena biasanya memory tersebut terbatas ukurannya, dan kecil. Tidak hanya itu, biasanya memory itu dibutuhkan oleh BB itu sendiri untuk menjalankan berbagai aplikasi, baik yang sedang kamu gunakan, ataupun yang berjalan di belakang (background running application).

4. Hapus cache memory di browser dan clear log, dan juga membersihkan memory

Kalau kamu suka browsing menggunakan BB, coba sering-sering untuk menghapus history dan cache kamu. Dan juga clear log dengan cara menekan tombol alt+LG+LG –> Menu BlackBerry –> Clear Log. Sedangkan untuk membersihkan memory juga bisa dilakukan dengan cara ke menu Blackberry –> Options –> Security Options –> Memory Cleaning –> Pilih “ENABLE” –> Menu BB –> Clean Now.

5. Install aplikasi yang tepat

Nah, ini yang paling sering dilakukan orang-orang. Biasanya orang suka sekali meng-install aplikasi sembarangan. Padahal mereka sebenarnya tidak butuh, atau lebih parah, tidak mengerti untuk apa sebenarnya aplikasi tersebut. Saran kami, install saja aplikasi-aplikasi yang memang penting dan dibutuhkan. Karena jika tidak, kamu hanya akan membuang-buang alokasi memori yang ada.

Comment di sini