Daftar 10 Anggota DPR Yang Ditolak di Jerman (Video)

by
April 27th, 2012 at 10:55 am

Sebanyak 10 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Komisi Pertahanan DPR tiba di Berlin, Jerman, Senin (23/4/2012) untuk kunjungan kerja. Namun sayang mereka justru mendapatkan penolakan dari mahasiswa, organisasi, serta elemen masyarakat Indonesia yang ada di sana.

Senin (23/4/2012), terlihat 10 anggota DPR RI tiba di Bandara Tegel-Berlin, Jerman sambil membawa anggota keluarganya. Setibanya di Berlin, Jerman, mereka menyempatkan diri untuk bertemu dengan para pelajar dan warga Indonesia yang ada di Jerman.

Rombongan yang hendak melakukan kunjungan kerja tersebut ternyata tidak mendapat sambutan meriah pada malam pertemuan yang berlangsung di KBRI Berlin, Selasa (24/4/2012). Mereka justru mendapatkan protes dari para perwakilan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jerman (PPI Berlin), dan Nahdlatul Ulama cabatng istimewa Jerman.

Para mahasiswa mengkritisi sikap anggota DPR yang melakukan kunjungan kerja dengan membawa serta keluarga mereka. Tak hanya memprotes dan membacakan penyataan sikap menolak kehadiran anggota DPR, mereka juga berbondong-bondong keluar ruangan.

“Saya melihat sendiri anggota dewan selalu merepotkan KBRI yang pekerjaannya bukan untuk melayani anggota Dewan dan keluarga,” kata Suqih, salah satu anggota PPI saat membacakan penyataannya, seperti ikutip dari Tempo.

Mereka juga meminta anggota DPR untuk menjelaskan agenda kunjungan ke luar negeri yang diikuti keluarganya. Termasuk pemakaian biaya yang mencapai Rp 3,2 miliar. “Informasi tersebut harus dipublikasikan paling lambat satu bulan sebelum keberangkatan” kata Suqih.

PPI juga mendesak agar anggota DPR untuk langsung melaporkan hasil kunjungannya kepada masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. “Kami minta melaporkan hasil kunjungan tersebut kepada rakyat melalui situs resmi DPR dan media massa”, lanjut Suqih.

Suqih menilai kunjungan kerja anggota DPR bersama dengan anggota keluarganya itu memalukan. “Kami melihat kunjungan Bapak-Ibu yang berbondong-bondong ke luar negeri ini seperti orang kampung. Sangat energik dan bersemangat. Apalagi kalau ada produk baru di sini. Kayak anak kecil yang memamerkan di Indonesia punya mainan baru. Bangga sekali,” katanya.

Penyataan tersebut tak pelak membuat 10 anggota DPR yang hadir di KBRI terbengong. Namun beberapa diantaranya, seperti Hayono Isman yang memimpin rombongan Komisi I DPR sempat mengangguk-angguk dan tersenyum.

Lihat videonya:

Berikut daftar 10 anggota DPR dari Komisi Pertahanan yang membawa anggota kerluarga untuk kunjungan kerja ke Jerman:

1. TRI TAMTOMO, SH dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
2. NURHAYATI ALI ASSEGAF dari Fraksi Partai Demokrat
3. HAYONO ISMAN dari Fraksi Partai Demokrat
4. VENA MELINDA dari Fraksi Partai Demokrat
5. AHMED ZAKI ISKANDAR ZULKARNAIN dari Fraksi Partai Golongan Karya
6. H.A. MUCHAMAD RUSLAN dari Fraksi Partai Golongan Karya
7. NEIL ISKANDAR DAULAY dari Fraksi Partai Golongan Karya
8. TANTOWI YAHYA dari Fraksi Partai Golongan Karya
9. YORRYS RAWEYAI dari Fraksi Partai Golongan Karya
10. LUTHFI HASAN ISHAAQ, MA dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Kunjungan kerja ke luar negeri para anggota DPR memang sering disalahgunakan. Mereka lebih mementingkan kepentingan pribadi dibanding dengan tugasnya masing-masing. Kalau begini untuk apa ada kunjungan kerja keluar negeri?

Comment di sini