Film “Soegija” Jadi Film Termahal Garin Nugroho (Video)

by
April 27th, 2012 at 3:34 pm

Sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho, mengungkapkan film teranyarnya “Soegija” merupakan film termahal yang pernah ia garap. Film itu ia klaim menyedot kantongnya sebesar Rp 12 miliar.

Garin mengatakan biasa Rp 12 miliar itu kebanyakan digunakan untuk pembiayaan perlengkapan kuno dan barang antik untuk properti film yang mengambil latar tahun 1940an.

Film “Soegija” menceritakan perjalanan Uskup Mgr Soegijapranata sewaktu berjuang merebut kemerdekaan negara RI pada 1940-1949. Uskup Mgr Soegijapranata adalah seorang pahlawan nasional yang berasal dari golongan Katolik pribumi. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh perjuangan yang gigih melawan kolonialisme Belanda.

Garin menyulap halaman Gereja Gedangan, Semarang, menjadi latar film dengan suasana tahun 1940-an. Berbagai macam property disiapkan dengan matang, mulai dari dokar, sepeda, pakaian masyarakat hingga arsitektur rumah dan gereja itu sendiri.

Sejumlah nama budayawan dan seniman turut membintangi film ini antara lain Nirwan Dewanto, Butet Kertarejasa, Djaduk Ferianto, Olga Lidya, dan Landung Simatupang.

Garin mengatakan film “Soegija” bisa menjadi alat untuk menjembatani permasalahan antara budaya multikultural dan nasionalisme.

Film “Soegija” telah selesai syuting. Trailer pun juga telah keluar. Film ini sedianya akan tayang pada 7 Juni 2012 di berbagai bioskop di seluruh Indonesia secara bersamaan.

Simak video trailer film “Soegija” berikut ini:

Comment di sini