Duh! Joroknya Restoran Cepat Saji

by
April 28th, 2012 at 11:00 am

Apakah Anda seorang yang suka dengan makanan cepat saji? Ya, makanan cepat saji memang lebih terasa enak dan lebih unggul dalam waktu. Tapi tahukah Anda mengenai seberapa bersihnya restoran cepat saji yang sering Anda kunjungi?

Masih ingatkah Anda mengenai kasus dari pelayan McDonald’s di Sout Carolina yang meludah keminuman pengunjung karena kesal. Ya, tanpa Anda melihat seperti apa pembuatan dari makanan cepat saji ini Anda tidak bisa menjamin kebersihannya.

Berikut beberapa penjelasan mengenai betapa joroknya restoran cepat saji:

1. Rahasia dapur

Anthony Bourdain, seorang koki, pernah menulis buku mengenai sisi kelam dapur restoran siap saji. Bourdin menyibak pintu dapur dan mengungkapkan beberapa trik kotor yang dilakukan restoran. Misalnya, menyaring abu rokok dari mentega yang sudah terpakai – untuk membuat saus – serta menyajikan daging sapi lama kepada pengunjung yang minta steak matang. Buku itu diterbitkan sejak 10 tahun yang lalu.

2. Skandal ayam

Baru-baru ini, seorang mantan manajer KFC di Oregon menuntut pemiliki cabang karena memecat seorang karyawan yang menolak menyajikan ayam busuk dan lewat kedaluwarsa. Menurut gugatan itu, si manajer mengundurkan diri karena “tidak tahan terus-terusan menyajikan ayam busuk kepada pengunjung.” Jangan-jangan masih ada restoran lain yang berbuat curang seperti ini?

3. Bahaya makanan cepat saji

Beberapa masalah kesehatan ditemukan dibeberapa restoran cepat saji. Misalnya saja di waralaba seperti McDonalds, Taco Bell, Wendy’s dan Burger King dimana masuknya tikus, serangga, dan kotoran lain ke dalam dapur, serta buruknya sanitasi karyawan menjadi salah satu faktor yang tidak sehat. Ini bukan bermaksud untuk menjelekan restoran tersebut, hanya saja itu adalah contoh kenyataan yang terjadi.

The Huffington Post telah merilis katalog yang berisi laporan benda-benda “asing” dalam makanan cepat saji. Diantaranya, telur lalat di kentang goreng Wendy’s, air liur di burger Whopper, dan plester berdarah di Pizza Hut, lalu tikus goreng di dalam keranjang Popeye’s.

Meskipun demikian, tidak ada restoran yang mampu mengendalikan tindakan implusif karyawannya. Mungkin ada baiknya bila teh Anda kurang manis, minta gula dan tambahkan saja gula sendiri. Karena bisa saja karyawan tersebut merasa kesal dengan Anda dan memasukan sesuatu ke teh Anda itu.

Comment di sini