CiriCara: Cara Minta Maaf Tapi Tidak Malu

by
April 30th, 2012 at 2:20 pm

Tidak semua orang bisa meminta maaf kepada seseorang. Seringkali mereka menolak untuk meminta maaf hanya karena merasa malu untuk mengatakannya. Namun memendam perasaan bersalah tanpa meminta maaf akan membebani hati. Jadi segeralah minta maaf jika kamu berbuat salah.

Bagi kamu yang merasa sungkan atau malu untuk meminta maaf, tips berikut mungkin bisa membantu kamu dalam mengutarakan kata maaf. Simak baik-baik penjelasan berikut ini yah.!

1. Tidak menunda minta maaf

Saat kita sadar telah membuat kesalahan kepada orang lain, lebih baik kita langsung minta maaf. Jangan sekali-kali menunda untuk minta maaf, karena ini hanya akan membuat kamu merasa malu. Segeralah minta maaf sebelum rasa malu yang ada dihati kamu itu muncul.

2. Jangan gunakan surat, sms, dan email

Minta maaf bisa dilakukan dengan berbagai cara, tapi lebih baik lagi jika kamu minta maaf dengan bertatap muka secara langsung. Tapi jika tidak bisa, jangan pernah gunakan surat atau email karena kedua hal itu tidak bisa bicara. Jika memang tidak mau bertatap muka, kamu bisa minta maaf lewat telepon yang terpenting dia mendengar permintaan maaf dari mulut kamu.

3. Jangan berbohong

Sebaiknya kamu jujur mengakui apa saja kesalahan dan berjanji untuk tidak mengulangi. Kalau diperkenankan memberikan alasan terjadinya kesalahan, ungkapkan dengan jujur tanpa perlu mencari kambing hitam atau berbohong.

4. Bersikap merendah saat meminta maaf

Kamu harus benar-benar tulus mengakui kesalahan yang pernah dilakukan. Rendah hati bukan berarti menjatuhkan harga diri kamu. Namun, kamu meminta maaf dan menunjukkan sikap menyesal setelah melakukannya.

5. Obrolkan secara pribadi

Jika kamu masih malu untuk meminta maaf di depan orang banyak, kamu bisa mengadakan pertemuan pribadi berdua saja. Mungkin saat kamu hanya berdua dengan dia kamu bisa lebih mudah untuk meminta maaf kepadanya. Bila perlu kamu juga ajak dia jalan-jalan sebagai imbalan karena dia mau memaafkan kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa membantu kamu meminta maaf tanpa rasa malu. Selamat mencoba dan semoga mau memaafkan kamu yah.!

Comment di sini