Sel Angie Tanpa AC Serta Bertoilet Campur

by
April 30th, 2012 at 8:51 am

Politisi asal Partai Demokrat, Angelina Sondakh kini sudah ditahan di rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dianggap terlibat dalam kasus korupsi Wisma Atlet. Angie sudah resmi jadi tahanan walau hanya dalam jangka waktu 20 hari. Lalu seperti apa kondisi tahanan Angie?

Untuk menghindari adanya tindak kecurangan, pihak KPK akan menyiagakan dua penjaga di depan sel. Di balik pintu itu nampak meja petugas keamanan yang dibuat dari kayu. “Di sini akan ada dua penjaga yang bergantian selama 24 jam,” kata Johan Budi SP.

Angie menempati satu dari lima kamar tahanan yang ukurannya hanya sebesar kios pedagang cemilan. Kamar sempit ini tidak ada pendingin udara atau AC, toilet pria dan wanita pun bercampur jadi satu.

“Yang penting nggak barengan saja,” Johan berseloroh. Toilet itu bersifat bebas tidak ada toilet pria ataupun wanita semuanya campur jadi satu namun bergantian kalau mau memakainya.

Johan juga menunjukkan dua toilet yang ada di tahanan koruptor tersebut. Dalam toilet tersebut hanya ada satu shower dan wastafel. Meski keran shower ada dua, Johan mengaku kalau tidak ada fasilitas air hangat di sel tersebut.

Selain itu, ruangan yang ditempati Angie juga tidak ada pendingin udaranya atau AC. Namun, penghuni sel dijamin tidak akan kepanasan karena masih ada exhauset fan atau sirkulasi udara listrik.

Johan menolak membeberkan berapa jumlah dana yang dikeluarkan untuk membangun sel khusus para koruptor ini. Ia mengatakan kalau rumah tahanan ini sudah ada sejak gedung KPK dibangun sekitar tahun 2006.

Sejak awal diperuntukkan untuk tahanan, tetapi terkendala oleh izin dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. “Saat ini sudah kami sesuaikan dengan persyaratan Kementerian,” ujar Johan.

Johan menambahkan kalau rumah tahanan tersebut adalah cabang dari tahanan Cipinang. Itulah sebabnya rumah tahanan ini juga akan melibatkan petugas dari Cipinang. “Semua prosedur sama dengan rumah tahanan lainnya,” ungkap Johan sambil menunjukkan ruang jenguk tahanan.

Sekedar info, Angie resmi jadi tahanan di Rutan KPK selama 20 hari. Dimulai dari tanggal 27 April hingga 16 Mei Angie akan ditahan di tahanan khusus para koruptor.

Comment di sini